Awas ! Ini Ciri-Ciri Smartphone Anda Telah Terinfeksi Virus

Ciri-Ciri Smartphone Terinfeksi Virus

PrimaBerita – Semakin pesatnya pertumbuhan pengguna smartphone Android maka semakin menarik perhatian para cybercrime. Untuk itu anda harus selalu waspada dengan cara mengetahui ciri-ciri smartphone anda telah terinfeksi virus agar pencegahannya dapat segera anda lakukan.

Berikut Ciri-Ciri Smartphone Anda Telah Terinfeksi Virus :

Muncul Pop-up

Pop up atau notifikasi sering terjadi jika pengguna menggunakan browser dan membuka website yang tidak resmi. Misal, situs yang menyediakan film bajakan untuk anda akses secara gratis. Biasanya pop-upย  terlihat sebagai notifikasi, baik berisi pesan atau dari aplikasi tertentu.

Saat muncul, pop-up tersebut tidak bisa anda tutup sebelum anda klik. Setelah anda klik, itu hanya akan memberikan akses kepada virus untuk masuk ke sistem.

Ketika membuka aplikasi tertentu, anda akan mengalami crash atau keluar secara tiba-tiba, hingga beberapa aplikasi tidak dapat anda akses.

Tidak hanya itu, anda juga mengalami performa smartphone yang melambat. Waspadai, jika performa masih tetap lambat ketika telah anda lakukan restart dan menghapus beberapa aplikasi besar.

Kuota Cepat Habis

Jika kuota anda cepat habis, hal ini menandakan, virus telah meretas sistem untuk mentransfer data menggunakan kuota internet anda.

Anda perlu memperhatikan aktivitas pemakaian ponsel dengan penggunaan data yang tercatat. Dalam grafik yang tersedia dalam setiap merek ponsel, itu juga kerap memberikan informasi mengenai aplikasi apa yang paling banyak mengonsumsi kuota anda.

Pada beberapa kasus, akan muncul aplikasi yang tidak anda kenal sehingga memori internal menjadi penuh.

Cara Mencegah

Cara mencegah virus menyerang smartphone cukup mudah. Pastikan anda menggunakan jaringan wifi yang aman, atau yang anda kenali.

Hindari akses jaringan wifi publik dan tidak anda kenali. Itu bisa jadi jalur masuk virus ke sistem pada smartphone anda.

Kemudian, perhatikan izin akses aplikasi sebelum menginstalnya pada perangkat. Itu biasanya akan otomatis berada seperti daftar akses yang aplikasi perlukan.

Jika anda rasa permintaan akses itu wajar, anda bisa mulai menginstalnya. Namun, hindari jika permintaan aksesnya tidak wajar dari fungsi aplikasi tersebut.

Satu hal yang paling penting yakni hindari untuk melakukan rooting pada smartphone anda. Terkadang me-root smartphone akan membuka jalan bagi beberapa aplikasi atau fitur yang tidak bisa anda akes sebelumnya.

Add a Comment