E-Commerce Paling Ramai Dikunjungi di Asia Tenggara

E-Commerce Paling Ramai Dikunjungi

PrimaBerita – Di kawasan Asia Tenggara, ada beberapa situs belanja online atau e-commerce yang paling ramai dikunjungi belakangan ini. Bahkan situs-situs belanja online meningkat secara drastis, terlebih setelah kemunculan wabah virus corona.

Pandemi menjadi salah satu faktor meningkatnya kunjungan e-commerce. Banyak orang yang beralih ke aktivitas belanja online. Selain praktis, tindakan ini juga menjadi salah satu langkah upaya pencegahan virus corona (covid-19).

E-commerce merupakan istilah dari perdangan elektronik yang berarti penyebaran, pembelian, penjualan, dan pemasangan barang/jasa melalui sistem elektronik. E-commerce melibatkan internet dan transfer dana elektronik. Jadi secara otomatis kehadiran sistem perdagangan elektronik semakin memudahkan masyarakat dunia untuk melengkapi berbagai kebutuhan.

Sejumlah e-commerce yang paling ramai dikunjungi di kawasan Asia Tenggara ini ternyata berasal dari Indonesia. Menyadur dari beberapa sumber, berikut daftar selengkapnya.

  1. Shopee

Pada posisi paling atas, terdapat e-commerce asal Singapura. Aplikasi belanja online Shopee inipun pertama kali rilis tahun 2015. Setelahnya Shopee memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Filipina, Vietnam, dan juga ke Indonesia.

Saat ini Shopee menjadi e-commerce dengan pengunjung terbanyak untuk kawasan Asia Tenggara. Total 197,8 juta kunjungan per bulannya. Lebih mencengangkan lagi, Indonesia ternyata menyumbang 76,2 juta kali kunjungan per bulan dari total tersebut.

  1. Lazada

Masih berasal dari Singapura, Lazada juga menempati posisi paling ramai pengunjung setiap bulannya. Lazada sendiri sudah beroperasi ke beberapa negara ASEAN. Total pengunjung terbanyak datang dari negara Thailand yakni 39,4 juta pengunjunga.

  1. Tokopedia

Tokopedia, situs e-commerce asal Indonesia juga meraup pengunjung terbanyak terkait lapak jual beli online. Total pengunjung terdapat sebanyak 72,4 juga pengunjung bulanan.

  1. Tiki

Selanjutnya ada e-commerce bernama Tiki. Tiki berasal dari negara Vietnam dan memiliki 22 juta pengunjung bulanan.

  1. Blibli

Tidak terlalu jauh dari Tiki, Blibli memiliki total pengunjung bulanan 15,8 juta. E-commerce asal Indonesia ini tak jauh berbeda dari e-commerce pada umumnya. Blibli menjual berbagai macam kebutuhan manusia serta menawarkan jasa pengiriman gratis.

  1. Sendo

Sendo berasal dari Vietnam yang bernaung dalam grup layanan IT FPT Corporation. Sejak peluncurannya tahun 2012, Sendo sekarang sudah mempunyai 500 ribu merchant. E-commerce ini mencatatkan 11,4 juta kunjungan setiap bulannya.

  1. Zalora

Selanjutnya ada Zalora. Total 7,6 juta pengunjung, Indonesia menjadi penyumbang paling banyak sebagai pengunjung Zalora.

Add a Comment