Ciri-ciri Ayam Potong Segar, Jangan Asal Pilih!

ayam potong segar

PrimaBerita – Ayam potong segar bisa digunakan untuk membuat berbagai olahan masakan, seperti ayam goreng, semur ayam, opor ayam, gulai ayam, dan lain sebagainya. Namun memilih daging ayam tidak bisa asal-asalan agar masakan terasa lebih lezat dan aman dikonsumsi.

Daging ayam segar biasanya lebih dapat menyatu dengan bumbu-bumbu masakan sehingga hasilnya selalu menggugah selera. Selain itu aroma masakan ayam juga menjadi salah satu faktor makanan yang satu ini menjadi favorit orang banyak.

Tips Memilih Ayam Potong Segar

  1. Perhatikan Warna Daging Ayam

Hal pertama yang bisa anda lihat yaitu memperhatikan warna daging ayam potong. Daging ayam yang baru terpotong biasanya masih berwarna merah muda atau sedikit agak kemerahan.

Jika warna daging ayam terlihat agak pucat artinya daging tersebut sudah terpotong beberapa hari sebelumnya. Jangan pernah membeli daging ayam jika kondisinya sudah agak membiru.

  1. Aroma Tidak Berbau

Kedua, pastikan bahwa aroma daging ayam potong tidak menimbulkan bau tidak sedap. Bau ayam segar biasanya tidak mengeluarkan amis yang menyengat. Lantas jika aroma daging ayam sudah bau maka sebaiknya jangan anda beli. Sekalipun banyak orang berusaha memberikan jeruk nipis untuk menghilangkan amis tubuh ayam, namun seorang chef tidak menyarankannya.

  1. Suhu Daging Ayam

Selain itu anda juga bisa merasakan suhu daging ayam untuk mengetahui sesegar apa daging yang hendak anda beli dan konsumsi tersebut. Biasanya ayam potong yang baru tersembelih memiliki suhu yang sedikit hangat.

  1. Tekstur Elastis

Tekstur daging ayam yang elastis juga menjadi tanda bahwa daging memang masih dalam keadaan segar. Untuk melihat ciri-ciri ini anda dapat menekan permukaan daging. Ketika sudah anda tekan dan kemudian kembali kepada keadaan semula maka itu artinya daging ayam masih segar.

Sebaliknya jika setelah anda tekan dan tidak meninggalkan bekas tekanan maka daging ayam memang sudah tidak segar lagi. Tekstur yang lembek dan berlendir juga menjadi tanda bahwa ayam sudah kurang baik. Demi keamanan, sebaiknya cermatlah membeli daging ayam.

Add a Comment