Cara Tepat Mengatasi Nyeri Saat Hamil Muda

mengatasi nyeri hamil muda

PrimaBerita – Saat hamil muda, kondisi tubuh memang belum begitu tampak, namun anda akan merasakan beberapa gejala yang umumnya ibu hamil alami. Mulai dari mual, muntah, pusing hingga nyeri pada peut bagian bawah. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi nyeri saat hamil muda.

Nyeri atau kram perut selama masa kehamilan ini bisa jadi kondisi normal dalam setiap kehamilan. Namun, anda tetap perlu waspada bila rasa nyeri sudah mulai mengganggu kenyamanan.

Perkembangan janin juga membuat rahim anda kian membesar. Proses membesarnya rahim ini membuat ligamen yang menopang rahim dan otot-otot pada sekitar rahim meregang. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab anda merasakan nyeri perut saat hamil muda. Apalagi saat anda bergerak, bersin, atau batuk, kadang nyeri ini akan semakin terasa.

Namun ada beberapa yang perlu anda waspadai saat nyeri perut hamil muda. Jika anda biarkan tanpa penanganan lebih lanjut, nyeri perut berkepanjangan bisa meningkatkan risiko keguguran.

Anda perlu mewaspadai kondisi-kondisi berikut ini:

  1. Nyeri perut pada bagian bawah disertai dengan perdarahan selama 3-4 hari.
  2. Rasa nyeri juga terasa pada bagian punggung.
  3. Nyeri tidak kunjung hilang meski Mama telah berganti posisi tubuh.
  4. Muncul kontraksi setiap 5-20 menit dan semakin parah selama 24 jam.
  5. Nyeri terasa hebat pada salah satu sisi perut bagian bawah.

Berikut Cara Tepat Mengatasi Nyeri Saat Hamil Muda

  • Ketika rasa nyeri muncul, Anda bisa minum air putih hangat.
  • Berganti posisi, misalnya dari duduk menjadi berdiri atau jalan-jalan santai maupun sebaliknya, juga bisa membantu meredakan keluhan ini.
  • Berolahraga ringan seperti latihan kegel bisa memperkuat otot panggul dan perut, sekaligus membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan nanti.
  • Mandi air hangat atau kompres perut dengan botol/handuk hangat.
  • Minta Papa memberi pijatan pelan pada bahu dan punggung Mama agar Mama merasa lebih relaks, sehingga Mama bisa mengalihkan pikiran dari rasa nyeri tadi.
  • Hindari mengonsumsi obat bebas tanpa pengawasan dokter. Meski parasetamol tergolong aman, tidak semua keluhan saat hamil bisa ditangani dengan minum obat. Lebih baik, tanyakan dulu pada dokter, apakah cara ini aman untuk mengurangi rasa nyeri yang Mama alami.

Add a Comment