Teknik Untuk Memperbanyak Tanaman Hias Aglonema

teknik memperbanyak tanaman hias aglonema

PrimaBerita –ย  Tanaman hias saat ini sedang populer pada kalangan masyarakat. Selain ada harganya yang menggirukan, tanaman hias ini juga bisa memperindah pekarangan rumah. Salah satunya tanaman hias Aglonema, ada teknik sederhana untuk memperbanyak tanaman hias aglonema ini.

Aglonema merupakan tanaman dalam ruang populer yang berasal dari keluarga Araceae. Aglonema tumbuh dengan baik di kawasan tropis, termasuk Indonesia, dengan temperatur udara sekitar 15-30 derajat Celcius.

Daunnya yang cantik menjadi alasan mengapa tanaman satu ini banyak peminatnya. Daunnya hadir dengan warna-warna yang menarik hati.

Selain itu, tanaman cemara China ini juga sangat mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi ruangan. Kemampuannya itu membuat aglonema semakin banyak orang menyukainya.

Setek mini menjadi salah satu cara untuk memperbanyak dan memungkinkan hasil jenis tanaman hias aglonema yang banyak dengan waktu singkat. Namun, selain dengan setek mini, ada banyak cara ampuh lainnya untuk memperbanyak tanaman hias aglonema.

Berikut Teknik memperbanyak tanaman hias aglonema, mengutip buku Galery Euphorbia.

Pisah anakan

Cara yang mudah yang paling bisa anda lakukan adalah pemisahan anakan. Anakan aglonema yang telah memiliki daun 3-5 lembar siap untuk anda pisahkan dengan induknya..

Pastikan juga, pada umur tersebut, anakan minimal memiliki 5 akar. Dengan memiliki banyak akar, tanaman aglonema akan cukup kuat untuk mandiri.

Cangkok

Cangkok merupakan cara memperbanyak yang paling aman karena risiko tingkat kematiannya yang rendah. Dengan cangkok, tak ada bagian tanaman hias yang anda lukai.

Caranya cukup mudah. Olesi batang aglonema dengan hormon perangsang tunas, lalu pasang pot kecil melingkari batang untuk menampung media. Hasilnya, akar pada batang akan muncul sekitar 3-4 minggu kemudian.

Pada sekitar 2-3 bulan, tunas baru bisa terbentuk dengan jumlah 2-3 lembar daun. Pada saat itu pula, batang dapat anda potong mulai dari cangkokan paling atas.

Setek batang tanpa daun

Anda bisa mengiris satu ruas, dua ruas, tiga ruas, atau lebih. Iris batang dengan panjang setek tergantung keinginan Anda. . Setidaknya, minimal dalam satu ruas, ada satu mata tunas. Semakin panjang ruang yang anda potong, maka tunas dan akar akan semakin cepat terbentuk.

Perbanyak dengan merundukkan batang

Teknik yang satu ini memiliki risiko kematian tanaman yang rendah. Pasalnya, tanaman tak perlu melalui tahapan pemulihan. Daun sebagai penyedia unsur hara pun dapat berfungsi optimal.

Namun, teknik ini hanya bisa menghasilkan anakan yang terbatas. Dengan teknik ini, tanaman hias dapat anda perbanyak dengan posisi miring. Caranya dengan membuat batang jadi lebih miring lalu timbun dengan media, dan biarkan bagian atasnya tetap muncul pada permukaan.

Batang yang tertimbun dan lembap membuat seputaran ruas akan membentuk akar serta tunas yang baru. Setelah itu, anakan siap untuk anda pisah.

Add a Comment