Tanaman Untuk Obat Rematik yang Mudah Anda Dapatkan

tanaman untuk obat rematik

PrimaBerita – Penyakit rematik biasanya kebanyakan menyerang orang tua. Dan ada beberapa tanaman yang bisa untuk jadi obat rematik. Rematik dalam bahasa medis dikenal dengan istilah Rheumatoid arthritis (RA). Penyakit ini merupakan radang sendi kronis yang penyebabnya adalah gangguan autoimun.

Pada umumnya, rematik menyerang sendi pergelangan tangan, jari tangan, lutut, dan pergelangan kaki. Tidak hanya dapat menyebabkan linu saja, tetapi juga bengkak, rasa sakit yang berlebih, dan kaku pada setiap persendian.

Pada beberapa orang, kondisi ini dapat merusak berbagai sistem tubuh, termasuk kulit, mata, paru-paru, jantung dan pembuluh darah.

Namun tidak menutup kemungkinan rematik dapat menyerang semua usia, bahkan usia muda sekalipun. Rematik juga tidak mengenal jenis kelamin, pria maupun wanita semua bisa terkena rematik. Radang sendi yang terjadi karena rematik ada banyak.

Berikut Tanaman Untuk Obat Rematik yang Mudah Anda Dapatkan :

Lidah buaya

Melansir dari healthline beberapa peneliti Trusted Source menyarankan bahwa mengonsumsi lidah buaya dapat membantu meredakan nyeri osteoartritis.

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, dan tidak memiliki efek gastrointestinal negatif dari obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), yang biasa digunakan untuk nyeri artritis. Cara menggunakannya, anda cukup mengoleskan gel lidah buaya ke kulit.

Jahe

Beberapa peneliti mengatakan jahe bisa menjadi alternatif obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Sejak lama orang sudah percaya pada jahe, untuk mengobati beberapa jenis penyakit, seperti mual, namun bisa juga anda gunakan untuk rheumatoid arthritis, osteoarthritis, nyeri pada persendian dan otot.

Cara mengonsumsinya, anda bisa menjadikan jahe sebagai minuman atau wedang jahe.

Kunyit

Bahan utama kunyit seperti kurkumin, memiliki sifat anti-inflamasi yang berperan dalam pengobatan Ayurveda dan China tradisional. Kandungan itu dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada pengidap rematik.

Kulit pohon willow

Kulit pohon willow adalah pengobatan kuno untuk mengatasi nyeri dan pembengkakan. Kamu bisa menyeduhnya seperti teh atau membelinya dalam bentuk tablet.

Beberapa penelitian Trusted Source mengatakan kulit pohon willow dapat membantu meredakan nyeri sendi yang terkait dengan OA dan RA. Masih banyak yang menentang penelitian ini. Oleh karenanya hingga kini masih terus dalam penelitian, untuk membuktikan secara utuh manfaat dari kulit pohon willow.

Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman populer yang banyak orang konsumsi. Kandungan antioksidan dalamnya dapat membantu melawan peradangan yang terjadi dengan RATrusted Source atau OATrusted Source.

Eucalyptus

Eucalyptus adalah obat tradisional yang kerap orang gunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Ekstrak daun eucalyptus dalam pengobatan topikal dapat mengobati nyeri artritis.

Eucalyptus mengandung tanin, yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri yang berhubungan dengan artritis.

Anda bisa mengoleskan hasil rebusan atau daun yang sudah anda haluskan pada bagian yang sakit. Untuk lebih praktis, anda bisa membelinya dalam bentuk minyak dan tinggal mengolesinya saja.

Add a Comment