7 Arti Tangisan Bayi yang perlu Bunda Ketahui

Awanbabyclothing โ€“ Ketika bayi menangis bunda pasti kebingungan apa yang membuatnya menangis, apalagi bagi ibu baru. Tangisan bayi memiliki arti bisa jadi bayi sedang lapar atau bahkan ada sesuatu lainnya. Untuk itu bunda harus memahaminya.

Memang akan sulit mendeteksi arti tangisan bayi karena bayi belum bisa berbicara untuk memberitahu apa yang sedang si kecil alami. Bunda bisa melihat arti tangisan bayi paling umumnya di alami setiap bayi.

Berikut 7 arti tangisan bayi yang perlu bunda ketahui :

1. Bayi Lapar

Ketika bayi lapar, ia akan menangis setidaknya bunda harus mengingat kapan terakhir bunda memberikan ASI kepada bayi. Jika sudah 1-2 jam sebelumnya, kemungkinan besar bayi merasa lapar. Tangisan bayi yang sedang lapar akan sangat rewel, biasnaya kan berlangsung lama dan suaranay semakin lama akan semakin keras. Selain itu bunda juga bisa mengenali ciri lainnya ketika bayi menangis karena lapar seperti, membuka-buka mulutnya.

Lihat juga : Penyebab Paling Umum Bayi Sembeli

2.Popok Bayi Basah

Pada umumnya jika bayi menangis hal yang pertma akali dilihat ialah popoknya. Biasanya bayi akan menangis jika popoknya basah karena hal tersebut membuat bayi tidak akan nyaman saat tidur dalam keadaan lembab. Tangisan bayi yang berirama teratur, dan secara terus menerus, semakin lama akan semakin keras bunyinya, ini menandakan bayi tidak nyaman atau popoknya sedikit lembab atau basah.

3. Lelah

Jika ada acara seperti berkumpul dengan keluarga atau acara apa saja yang membuat orang-orang menimang-nimang atau mengajak bayi bercanda riang. Bayi akan kelelahan dalam suasana yang ramai. Tangisan Bayi lelah yang terdengar oleh bayi biasanya, seperti tangisan rengekan dengan raungan yang sedikit melengking. Efek suara โ€œwah-wahโ€ terdengar dan kadang membuat bayimu sedikit bergetar atau menggigil.

4. Bersendawa

Saat gelembung udara yang masuk melalui mulut bayi dan tersangkut di dada bayi. Bayi akan menangis saat berusaha untuk mengeluarkan gelembung tersebut. Solusinya, gendong bayi Bunda, kemudian tepuk-tepuk secara halus dan perlahan ke bagian punggungnya agar Bunda bisa membantu mengeluarkan udara tersebut dengan mudah.

5. Kolik

Kolik adalah keadaan perut yang nyeri/sakit yang disebabkan oleh bayi karena teralalu banyak menelan udara pada saat air minum atau menyusui, akibat pada kolik adalah mengganggu normalnya system pencernaan pada bayi. Arti Tangisan bayi ini kurang lebih sama dengan tangisan sakit, wajah bayi akan sedikit memerah, perutnya tegang, menarik kaki, dan juga mengepalkan tangan.

Untuk antisipasi usap tubuh bayi menggunakan minyak bayi pada bagian perut atau punggung seperti hendak bersendawa. Jika Bunda tidak bisa atasi ini sendirian, segera bawa ke dokter.

Lihat juga : 6 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

6. Tidak Nyaman

Bayi akan merasakan tidak nyaman ketika tidurnya terganggu, popoknya basah, gatal, atau kepanasan. Arti Tangisan Bayi yang sangat melengking dan juga napas sedikit tersendat ini adalah tangisan yang membuat bayi tidak nyaman.

7. Kedinginan atau Kepanasan

Bayi membutuhkan suhu yang normal agar tidak kedinginan atau kepanasan. Bunda harus memilih ruangan dan suhu yang tepat untuk bayi. Bila bayi kepanasan, segeralah ganti pakaian yang basah karena terkena keringat si bayi.
Kemudian bawalah bayi keluar, untuk menikmati semilir angin yang sejuk. Jika menggunakan AC, aturlah supaya suasana sejuk dan bayi juga tidak merasa kepanasan. Jika bayi kedinginan, gendong bayi dengan kain yang lebar agar merasa hangat. Ciri bayi yang kedinginan atau kepanasan adalah merintih secara terus menerus.

Add a Comment