Penyebab dan Pengobatan Kelenjar Getah Bening

pengobatan kelenjar getah bening

PrimaBerita – Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh manusia yang harus dilakukan pengobatan bila muncul infeksi atau pembesaran. Mengutip dari laman wikipedia, tubuh manusia ternyata memiliki kurang lebih sekitar 600 kelenjar getah bening. Kendati demikian hanya pada area submandibular, ketiak, atau lipat paha yang teraba normal pada orang sehat.

Sementara itu pembengkakan kelenjar getah bening menunjukkan kondisi dimana kelenjar getah bening mengalami pembesaran akibat reaksi terhadap banyaknya sel imun untuk melawan zat yang membahayakan tubuh. Oleh karena itu jangan pernah menyepelekan kondisi ini. Sebab pembengkakan kelenjar getah bening ini sejatinya bisa terjadi kepada siapa saja, tak terkecuali anak-anak.

Kelenjar getah bening yang membengkak bisa atau bahkan tidak berasa nyeri saat tersentuh maupun ketika melakukan gerakan. Misalnya ketika mengunyah sesuatu. Lantas beberapa kondisi bisa menjadi gejalanya.

Selain muncul benjolan, beberapa gejala lain dapat timbul akibat pembengkakan kelenjar getah bening. Adapun gejala tersebut meliputi:

– Demam

– Nafsu makan mendadak hilang

– Berat badan mengalami penurunan

– Pilek

– Sakit tenggorokan

– Berkeringat pada malam hari

Selain itu segeralah langsung temui dokter apabila anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, seperti berikut ini.

a. Muncul tanpa sebab yang jelas

b. Pembengkanan terus bertambah besar dan berlangsung sudah lebih dari 2 minggu

c. Bertekstur keras dan tidak bergerak ketika anda goyang

d. Kesulitan menelan atau bernafas

Yang menjadi penyebab dari pembengkakan kelenjar getah bening bisa jadi akibat terpicu oleh infeksi maupun penyakit pada sistem kekebalan tubuh atau kanker. Sehingga sebenarnya pengobatan pembengkakan kelenjar getah bening ini bergantung kepada pemicunya. Ciri-ciri kelenjar getah bening yang membengkak akibat infeksi atau penyakit kanker juga bisa mirip satu sama lain.

Melansir dari Alodokter, jika penyebabnya adalan karena infeksi maka pengobatan bisa melalui pemberian obat antibiotik. Tetapi jika pembengkakan kelenjar getah bening akibat kanker maka dapat berupa operasi atau kemoterapi dan radioterapi.

Baca Selanjutnya: Makanan Untuk Melawan Kanker Getah Bening, Jangan tunggu Parah

Add a Comment