Makanan Untuk Melawan Kanker Getah Bening, Jangan tunggu Parah

PrimaBeritaKanker getah bening bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang bisa melawan kanker getah bening. Kanker getah bening adalah jenis penyakit yang menyerang sistem limfatik atau sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan dibarengi dengan olahraga yang rutin, penyakit bisa dicegah. Studi menunjukkan asupan makanan yang bergizi tinggi dikaitkan dengan kejadian getah bening yang lebih rendah. Sebaliknya, makanan bergizi rendah terkait dengan kejadian kelenjar getah bening yang tinggi.

Baca juga : Faktor Penyebab Timbulnya Migrain atau Sakit Kepala Sebelah

Berikut daftar makanan yang dapat melawan kanker getah bening.

1. Makanan nabati

Mulailah konsumsi pola makan yang berfokus pada makanan nabati seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan. Makanan dari tumbuhan ini kaya akan antioksidan, serat, dan folat yang berperan penting melawan perkembangan tumor.

2. Sayur brokoli

Kelompok sayuran famili Cruciferae seperti brokoli, kembang kol, kubis, selada air, dan lobak baik untuk melawan kanker kelenjar getah bening.

Leukemia & Lymphoma Society menganjurkan untuk makan lima hingga 10 porsi buah dan sayuran setiap hari untuk mencegah dan melawan sel kanker kelenjar getah bening.

3. Buah jeruk

Kelompok buah citrus atau jeruk seperti jeruk manis, jeruk nipis, jeruk limau, jeruk bali dapat dikonsumsi untuk melawan kanker kelenjar getah bening.

Dikutip dari Livestrong, studi yang dimuat dalam jurnal Leukemia and Lymphoma menunjukkan bahwa makan lebih banyak sayuran dan buah sitrus dapat meningkatkan kelangsungan hidup pada pasien limfoma atau kelenjar getah bening.

Baca juga : 5 Kesalahan Olahraga Ini Justru Membuat anda Tampak lebih Tua

4. Makanan dengan lemak sehat

Makanan yang mengandung lemak sehat bisa melawan pertumbuhan kanker. Lemak sehat terdapat pada kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan berlemak seperti salmon dan sarden.

Makanan ini mengandung omega-3 yang dapat berperan sebagai antioksidan melawan radikal bebas.

5. Makanan yang mesti dibatasi

Rekomendasi dari Harvard Health Publishing menyarankan untuk membatasi konsumsi daging merah tidak lebih dari 18 ons per minggu. Hindari pula pemanis, minuman berpemanis, makanan olahan, dan alkohol.

Add a Comment