Manfaat Makan Yogurt Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat makan yogurt

PrimaBerita – Salah satu makanan yang bergizi adalah yogurt. Makan yogurt memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Yogurt adalah olahan susu yang terbuat dari fermentasi menggunakan bantuan bakteri. Bakteri memfermentasi laktosa atau gula alami yang ditemukan di dalam susu.

Proses ini menghasilkan asam laktat yang membuat protein susu mengental. Inilah alasan yogurt memiliki rasa yang sedikit asam dan tekstur yang lebih kental dibandingkan susu. Proses fermentasi ini juga membuat yogurt kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan.

Berikut manfaat makan yogurt untuk kesehatan :

Yogurt kaya mikronutrien

Mengutip dari Healthline, secangkir yogurt mengandung 49 persen kalsium harian. Kalsium baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Yogurt juga banyak mengandung vitamin B, terutama B12 dan riboflavin yang berfungsi melindungi jantung.

Selain itu, secangkir yogurt juga mengandung 38 persen kebutuhan harian fosfor, 12 persen magnesium, dan 18 persen kalium. Semua nutrisi ini baik untuk tekanan darah dan metabolisme.

Yogurt tinggi protein

Yogurt juga tinggi akan kandungan protein. Setiap 200 gram yogurt mengandung 12 gram protein. Kandungan protein yang tinggi baik untuk metabolisme dan pembakaran energi. Kandungan protein ini juga membuat yogurt baik untuk anda konsumsi saat berolahraga untuk pembentukan otot.

Yogurt menyehatkan saluran pencernaan

Proses fermentasi membuat yogurt mengandung probiotik yang bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan. Sejumlah studi menunjukkan probiotik pada yogurt seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus terbukti mengurangi gejala iritasi usus besar.

Membantu menurunkan berat badan

Mengutip dari Eat This, penelitian dari University of Tennessee menunjukkan konsumsi yogurt tiap hari dapat mengurangi 22 persen berat badan lebih banyak daripada dengan kelompok yang tidak makan yogurt. Pengurangan lemak perut juga 81 persen lebih banyak.

Memperkuat sistem imunitas

Kandungan probiotik dalam yogurt juga membantu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Mengutip dari Web MD, sebuah studi menunjukkan probiotik membantu meningkatkan resistensi dan pemulihan infeksi lebih cepat. Konsumsi yogurt secara rutin juga mengurangi risiko infeksi hingga 20 persen.

Yogurt mencegah osteoporosis

Nutrisi dalam yogurt seperti kalsium, protein, kalium, dan fosfor meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan tulang, terutama osteoporosis.

Studi menunjukkan konsumsi tiga posri makanan olahan susu seperti yogurt dapat menjaga massa dan kekuatan tulang sehingga mencegah osteoporosis di hari tua.

Yogurt melindungi jantung

Sejumlah studi menunjukkan asupan lemak jenuh dari produk susu seperti yogurt meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi insiden penyakit jantung.

Untuk mendapatkan manfaat yogurt untuk kesehatan ini, periksa label pada kemasan saat membeli yogurt. Pilih yogurt murni yakni tanpa pemanis atau tambahan lainnya. Pilih juga yogurt yang mengandung bakteri baik.

Add a Comment