Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan yang Jarang Disadari

manfaat air kelapa untuk kesehatan

PrimaBerita – Selain memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, air kelapa ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan yang mungkin tidak anda sadari.  Air kelapa terbentuk secara alami dalam buah serta mengandung 94 persen air dan sangat sedikit lemak. Air yang ditemukan dalam kelapa muda merupakan sumber serat, vitamin C, dan beberapa mineral penting yang baik.

Satu cangkir (240 ml) air kelapa mengandung 46 kalori serta karbohidrat 9 gram, serat 3 gram, protein 2 gram, vitamin C, magnesium, kalium, sodium, kalsium, dan lainnya.

Melansir berbagai sumber, berikut Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan :

Menyehatkan Pencernaan

Jika terkena diare, pasti semua langsung menyarankan untuk minum air kelapa. Osmolaritas, atau proses perpindahan zat ke larutan lain melalui membran sel semipermeabel, air kelapa lebih besar daripada ORS (Oral Rehydration Therapy) yang WHO rekomendasikan untuk pengobatan diare.

Selain itu bisa juga  untuk mengobati konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

Menurunkan tekanan darah

Dalam sebuah penelitian kecil pada orang dengan tekanan darah tinggi, air kelapa meningkatkan tekanan darah sistolik (jumlah pembacaan tekanan darah yang lebih tinggi) pada 71 persen peserta.

Mengutip dari Healthline, air kelapa mengandung 600 mg potasium dalam satu cangkir (240 ml) atau sekitar 17 persen asupan harian kalium. Kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Kaya akan nutrisi seperti riboflavin, niasin, thiamin dan piridoksin juga folat. Juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Air kelapa juga mampu melawan infeksi virus seperti virus influenza.

Memulihkan hidrasi

Air kelapa bisa menjadi minuman yang sempurna untuk memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang saat berolahraga.

Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh Anda, termasuk menjaga keseimbangan cairan. Air kelapa juga termasuk kalium, magnesium, natrium dan kalsium.

Dua penelitian menemukan bahwa air kelapa memulihkan hidrasi setelah berolahraga lebih baik daripada air dan sama dengan minuman olahraga elektrolit tinggi.

Memiliki sifat antioksidan

Penelitian pada hewan yang terpapar racun menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang mengubah radikal bebas sehingga tidak lagi menyebabkan kerusakan.

Ketika ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh Anda memasuki keadaan stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel Anda dan meningkatkan risiko penyakit. Namun, sejauh ini belum ada penelitian yang mengamati aktivitas antioksidan ini pada manusia.

Atasi Sakit Kepala

Saat kepala terasa sakit atau migrain, orang cenderung mencari obat di apotek atau warung, padahal ada obat tradisional yang lebih aman.

Sakit kepala bisa terjadi karena dehidrasi, sehingga minum air kelapa bisa menyuplai elektrolit bagi tubuh dan mengatasi dehidrasi.

Selain itu, air kelapa juga mengandung magnesium yang mampu meredakan migrain. Tak perlu khawatir minum air kelapa dalam keadaan perut kosong karena kandungan asamnya yang rendah, sehingga aman untuk lambung.

Add a Comment