Ini Tanda Seseorang Kelebihan Protein, Perlu Diwaspadai

tanda kelebihan protein

PrimaBerita – Saat seseorang kelebihan protein biasanya akan ada tanda atau kondisi yang ditunjukkan sehingga hal tersebut memang perlu diwaspadai. Adapun protein sendiri terdiri dari asam amino yang merupakan bahan pembangun jaringan tubuh. Selain itu protein juga terlibat dalam produksi enzim serta hormon yang membantu tubuh supaya berfungsi dengan normal.

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan seberapa banyak protein yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Dan asupan protein tersebut bisa kita dapatkan dari makanan sehari-hari. Dalam kondisi yang normal, angka kecukupan gizi harian protein untuk orang dewasa berkisar 50 hingga 62 gram per hari. Lantas apa yang terjadi bila tubuh terlalu banyak mengonsumsi protein?

Tanda Seseorang Kelebihan Protein

  • Brain Fog

Brain fog atau kabut otak merupakan sebuah istilah yang menggambarkan kondisi sulit untuk berkonsentrasi. Perhatian juga bisa lebih mudah teralihkan sehingga tak jarang membuat orang jadi pelupa. Kondisi ini pun bisa terus berlanjut setelah lelah seharian bekerja. Terlalu banyak protein dalam tubuh berarti tubuh mungkin sudah mengganti asupan yang seharusnya dari karbohidrat.

  • Berat Badan Meningkat

Pola makan tinggi protein memang bisa membantu menurunkan berat badan, namun jenis penurunan berat badan seperti ini mungkin hanya dalam jangka pendek saja. Pasalnya kelebihan protein biasanya akan tersimpan dalam bentuk lemak sementara asam amino yang berlebihan keluar. Inilah yang bisa menyebabkan penambahan berat badan seiring waktu. Apalagi jika seseorang terlampau banyak kalori saat mencoba meningkatkan asupan protein.

  • Siklus Pencernaan Tidak Lancar

Memiliki siklus pencernaan yang mulus tentu dapat membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih nyaman dan sehat. Tapi jika anda mengalami kelebihan protein maka anda mungkin akan kesulitan untuk memiliki pencernaan yang teratur. Sebuah sumber menyebutkan bahwa orang yang memiliki asupan protein tinggi biasanya cenderung kekurangan serat dari biji-bijian dan sayuran. Padahal serat itu begitu penting bagi tubuh manusia.

  • Merasakan Haus Secara Berlebihan

Tanda selanjutnya yang bisa anda rasakan adalah merasa haus berlebihan. Bahkan hal ini juga ada dalam keterangan European Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2003. Indikator lain yang menandakan seseorang kemungkinan kelebihan protein yaitu hasrat untuk minum secara terus-menerus.

Add a Comment