Efek Samping Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Efek Samping Air Kelapa Bagi Kesehatan

PrimaBerita – Air kelapa ternyata memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh jika anda konsumsi dalam jumlah banyak. Air kelapa bukan hanya bisa anda jadikan sebagai bahan baku minuman segar.

Pasalnya air kelapa juga mampu menyembuhkan beberapa keluhan penyakit misalnya alergi, demam berdarah, diare, serta membersihkan kulit yang berjerawat dan membantu mendapatkan kulit mulus.

Hal itu terjadi karena air kelapa mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan, asam amino, enzim, mineral seperti vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, kalsium, potasium, magnesium, mangan dan seng.

Meski banyak manfaat, air kelapa tidak selamanya memberikan manfaat bagi kesehatan.

Berikut Efek Samping Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

1. Memiliki Sifat Diuretik

Efek samping air kelapa bila terlalu banyak anda konsumsi akan membuat sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena air kelapa memiliki sifat diuretik. Meskipun salah satu manfaat dari air kelapa bisa menghidrasi tubuh, tapi bila terlalu banyak meminumnya membuatnya menjadi tidak sehat.

2. Tidak Cocok Sebagai Asupan Harian untuk Diet

Memang air kelapa menjadi minuman yang rendah lemak, tapi bukan berarti menjadikan air kelapa sebagai obat penurun berat badan atau obat diet alami. Hal ini dikarenakan efek samping air kelapa bila dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat anda mengalami diare.

3. Menimbulkan Kejang Otot

Jangan mengonsumsi air kelapa secara berlebihan ketika anda sedang berada dalam perjalanan ke suatu tempat. Hal ini dikarenakan salah satu efek samping air kelapa, yakni bisa menimbulkan kejang otot dan rasa lelah di badan akibat dari kadar kalsium dalam kandungan air kelapa yang terlalu berlebihan.

4. Tidak Sepenuhnya Menghilangkan Dehidrasi

Dalam air kelapa terdapat kandungan mineral dan vitamin baik untuk anda konsumsi setelah anda melakukan aktifitas yang melelahkan dan memeras keringat.

Air kelapa saja tidak cukup. Pasalnya, ketika tubuh mengeluarkan keringat, tubuh akan kekurangan sodium. Nah, sodium pada air kelapa tidaklah cukup untuk mengganti kekurangan sodium pada tubuh anda. Jadi, sebaiknya tetaplah mengonsumsi air mineral untuk mencukupi kebutuhan sodium.

5. Menyebabkan Ketidakseimbangan Elektrolit

Dalam air kelapa terdapat kandungan kalium yang tinggi yang baik untuk kesehatan. Namun, konsumsi air kelapa terlalu berlebihan bisa memicu terjadinya hyperkalemia. Ini merupakan kondisi ketika jumlah kalium dalam darah sangat tinggi yang bisa melambatkan detak jantung.

6. Bertindak Sebagai Pencahar

Efek samping air kelapa bila terlalu berlebihan bisa memunculkan masalah pencernaan. Hal ini karena  air kelapa juga termasuk pencahar alami. Bagi anda yang sedang mengalami sembelit, air kelapa sebenarnya bagus untuk membantu melancarkan pencernaan yang terganggu. Tapi, manfaat ini bisa jadi tidak cocok untuk beberapa orang yang mengalami masalah dengan buang air besar.

 

Add a Comment