Ciri-ciri Ibu Hamil Mengalami Stres, Perlu Diwaspadai!

ciri-ciri stres pada ibu hamil

PrimaBerita – Perlu diwaspadai ciri-ciri ibu hamil mengalami stres. Karena jika tidak teratasi dengan baik maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin maupun ibu hamil. Laman wikipedia mengatakan stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Nah tekanan ini bisa pula berasal faktor ekternal maupun internal. Untuk itu penting untuk selalu memperhatikan pergerakan ibu hamil.

Beberapa hal bisa terjadi akibat ibu hamil yang stres. Adapun berbagai kemungkinan tersebut yang dapat menyebabkan berbagai gangguan misalnya bayi lahir dengan beray badan rendah atau malah sistem kekebalan tubuh yang lemah. Bahkan bisa pula mengakibatkan keguguran jika ibu mengalami stres pada masa awal kehamilan.

Lalu apa saja ciri-ciri yang bisa menandakan bahwa ibu hamil mengalami stres?

Ciri-ciri Ibu Hamil Mengalami Stres

Mengutip dari beberapa sumber menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang menandakannya, antara lain:

  • Tidak Selera Makan

Perubahan fisik maupun hormonal pada ibu hamil seringkali menyebabkan rasa mual sehingga bisa juga menghilangkan nafsu makan. Tetapi stres juga turut bisa menjadi penyebabnya.

  • Tidak Peduli dengan Janin

Janin dalam kandungan adalah sebuah anugerah dari Yang Maha Kuasa untuk dijaga sebaik mungkin hingga proses lahiran. Namun bumil yang merasakan stres terlebih adanya dorongan penolakan terhadap janin akan menyebabkan ibu tidak mau mengurus janin dengan baik. Bahkan tidak peduli dengan perkembangan janinnya.

  • Sering Menangis

Ketika sedih maupun stres, bumil bisa menangis. Ini bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon pada bumil juga mampu menyebabkan perasaan sensitif. Oleh karenanya ibu cenderung lebih mudah menangis hingga mudah marah.

  • Mudah Marah-marah

Mood swing yang drastis kerap menjadi perihal yang tidak jauh dari ibu hamil. Namun jika emosi cenderung berlebihan serta frekuensinya jadi lebih sering maka perlu anda waspadai. Ini bisa menjadi tanda stres.

  • Sakit Pada Bagian Perut

Kondisi sakit pada bagian perut ternyata bisa saja berkaitan dengan stres.

  • Detak Jantung Jadi Lebih Cepat

Stres juga bisa memiliki ciri fisik yang bisa kita lihat yakni detak jantung menjadi lebih cepat atau bahkan tidak beraturan.

Add a Comment