Perlunya Deteksi Dini, Inilah Gejala Awal Kanker Paru

gejala awal dari kanker paru

PrimaBerita – Gejala kanker paru bisa dilihat dari sejak awal (dini). Oleh karena itu memahami pentingnya deteksi kanker paru sejak awal tentu supaya penanganan serta perawatan dapat berjalan efektif.

Sejauh ini kematian akibat kanker paru baik di negara Indonesia maupun di dunia telah menempati urutan teratas dari semua jenis kanker. Bahkan data GLOBOCAN tahun 2020 menyatakan bahwa kematian akibat kanker paru negara Indonesia mengalami peningkatan sebesar 18%, sehingga menjadi 30,843%.

Hal senada juga turut menurut ketua Pokja Kanker Paru, sebagaimana melansir dari Kompas yang mengungkapkan kematian oleh karena kanker paru Indonesia maupun dunia telah menempati urutan pertama dari semua jenis kanker. Maka untuk lebih memahaminya cobalah mengenali gejala awal dari kanker paru.

Gejala Awal Kanker Paru

Data Cancer Center menyebutkan gejala awal kanker paru mungkin berupa batuk ringan atau sesak nafas. Namun meski demikian sebenarnya gejala yang timbul bisa tergantung terhadap bagian kanker mana yang terkena. Berikut gejala awal kanker paru-paru yang paling umum terjadi.

  1. Mengalami batuk terus menerus atau bahkan sampai memburuk
  2. Sesak nafas secara tiba-tiba
  3. Perubahan pada batuk kronis yang sudah ada
  4. Nyeri pada bagian dada, punggung, atau bahu yang memburuk saat batuk maupun pada saat tarik nafas yang dalam
  5. Infeksi paru-paru seperti pneumonia atau bronkitis tidak kunjung sembuh
  6. Batuk yang menghasilkan darah
  7. Lemah
  8. Kehilangan selera makan
  9. Penurunan berat badan tanpa sebab
  10. Suara serak atau mengi

Namun selain daripada gejala-gejala tersebut, masih ada gejala lainnya yang umum terjadi. Seseorang mungkin belum menyadarinya. Tanda tersebut berupa bengkak pada bagian wajah maupun leher, kesulitan menelan atau nyeri saat menelan, serta terjadi perubahan tampilan jari (jari tabuh).

Oleh karena itu jika anda mendapati tanda-tanda seperti itu maka cobalah langsung berkonsultasi dengan dokter yang ahli dalam bidang paru. Karena nantinya kanker paru yang telah berkembang ke tahap selanjutnya bisa saja mempengaruhi organ tubuh yang lain. Kemudian akan memperburuk kondisi kesehatan anda. Selain itu kanker paru dapat terjadi kepada siapa saja.

Add a Comment