Cara Mengendarai Motor Matic dengan Baik dan Benar

cara mengendarai motor matic

PrimaBerita – Bagi anda yang ingin belajar mengendarai sepeda motor, ada baiknya mengetahui cara mengendarai motor matic dengan baik dan benar.

Motor matic merupakan raja jalanan, hampir 80 persen kendaraan roda dua di Indonesia adalah skutik. Maka sudah tidak heran motor tinggal berjalan ini banyak peminatnya.

Namun banyak orang yang sepele karena ke praktisannya tersebut. Padahal menaiki motor matic berbeda dengan motor kopling dan juga motor bebek.

Melansir dari beberapa sumber, berikut Cara Mengendarai Motor Matic dengan Baik dan Benar

Pastikan kondisi motor dan pengendara

Sebagai pengandara, pastika terlebih dahulu anda tidak dalam kodnisi ngantuk, sakit ataupun galau. Karena berkendara dengan emosi itu akan sangat berbahaya. Pastika juga kondisi motor anda dalam keadaan kondisi yang baik-baik saja. Terutama pada bagian rem, karena rem oblong akan membahayakan nyawa anda.

Nyalakan motor

Menyalakan motor matic itu berbeda dengan motor bebek maupun kopling. Tekan electric starter sembari anda menarik tuas rem untuk menyalakannya. Jika tidak menyala, mungkin standar samping anda masih terbuka, karena untuk beberapa motor keluaran terbaru standar samping akan otomatis mematikan mesin motor.

Duduk rileks dan posisikan tangan senyaman mungkin

Ada baiknya tata terlebih dahulu cara duduk dan posisi tangan anda. Karena posisi anda bisa mempengaruhi kualitas menyetir anda. Dan jangan jalan dulu sebelum posisi anda nyaman.

Pegang handle gas secara penuh

Beberapa mengatakan untuk memegang handle gas dengan sebagian jari dan menyiapkan jari lain pada tuas rem. Karena dengan posisi seperti ini kalian dapat reflek mengerem secara cepat. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Posisi yang benar adalah menggenggam penuh handle gas dengan seluruh jari. Dengan posisi tangan tersebut anda bisa lebih mengendalikan kontrol sepeda motor. Dan lagi ketika ingin mengerem, gas akan terlepas sedikit sehingga kecepatan perlahan berkurang. Hal ini akan memicu logika anda untuk lebih tenang ketika akan menggunakan rem.

Rasakan beda tarikan gas

Tarikan gas dari motor matic dan jenis motor lainnya tentu berbeda. Tarikan gas pertama dari matic ini terkesan sangat berat. Mesin matic sendiri memang dirancang untuk dapat berjalan ketika mencapai RPM tertentu.

Jadi untuk awal tarikannya akan sedikit berat, namun ketika motor kalian sudah bergerak, sistem dari mesin tersebut tidak akan terasa berat lagi.

Turunan dan tanjakan

Penggunaan motor matic pada turunan dan tanjakan memang sedikit berbeda. Pastikan kecepatan saat pada turunan sedikit melambat dengan melepas gas dan menggunakan rem yang ada, karena jika anda biarkan melaju terlalu kencang akan berbahaya bagi kendaraan – kendaraan sekitar.

Untuk tanjakan, pastikan untuk menambah kecepatan sebelum jalannya menjulang ke atas. Karena jika kecepatannya kurang, ada kemungkinan motor anda kekurangan tenaga untuk menaiki tanjakan tersebut.

Gunakan rem belakang dan depan

Satu hal yang penting, gunakan kedua rem secara bersamaan agar kualitas pengereman sesuai dengan harapan. Gunakan insting untuk menarik tuasnya agar pengereman tidak terlalu spontan.

Terus membiasakan diri dengan kendaraan

Yang paling penting adalah kalian harus selalu terbiasa dengan kendaraan yang kalian miliki. Setiap kendaraan itu berbeda, walaupun merek dan jenisnya sama. Kenali kendaraan anda, kenali setiap karakteristiknya, dan keselamatan dalam berkendara akan selalu menaungi anda.

Add a Comment