Cara Lihat Siapa yang Sering Orang Lain Hubungi di WhatsApp

cara lihat siapa orang lain hubungi

PrimaBerita – Pada dasarnya, manusia memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Apalagi jika tentang WhatsApp, baik itu milik sendiri maupun orang lain, banyak orang  penasaran siapa kontak yang paling sering orang lain hubungi. Anda bisa melakukan cara lihat siapa yang sering orang lain hubungi pada WhatsApp dengan beberapa cara.

WhatsApp memiliki fitur bernama “Frequently Contacted” atau ‘yang sering dihubungi’.

Berikut Cara Lihat Siapa yang Sering Orang Lain Hubungi di WhatsApp

Melalui daftar kontak saat akan meneruskan pesan (forward)

Fitur “Frequently Contacted” pada WhatsApp dapat anda lihat melalui beberapa perintah. Yang pertama adalah ketika anda ingin melakukan forward atau meneruskan pesan.

Berikut ini cara mengaksesnya:

  • Buka WhatsApp, kemudian klik salah satu chat room yang ada;
  • Pilih satu pesan untuk anda-forward atau anda teruskan;
  • Anda akan beralih ke laman “Forward to…”;
  • Tersedia dua kolom kontak, yaitu “Frequently Contacted” dan “Recent Chats”;
  • Kontak yang paling sering anda hubungi berada pada kolom “Frequently Contacted”. Sementara “Recent Chats” adalah kontak yang baru saja anda atau orang lain hubungi.

Melalui share foto, tautan, dan lokasi

Untuk membagikan foto, anda harus ke galeri terlebih dahulu. Setelah memilih foto, klik “Share” atau “Bagikan” kemudian pilih WhatsApp. Laman “Send to…” akan menampilkan dua daftar kontak. Seperti sebelumnya, orang yang paling sering anda hubungi berada pada kolom “Frequently Contacted”.

Untuk membagikan link, anda hanya perlu masuk ke laman tertentu pada browser atau salah satu post Instagram. Sementara untuk lokasi, anda harus mengaksesnya melalui aplikasi navigasi seperti Google Maps, Waze, dan lain sebagainya. Saat membagikan keduanya ke WhatsApp, anda akan bewralih ke laman “Send to…” yang sama.

Melalui “Data and Storage Usage”

Berikutnya, anda juga bisa mengecek melalui menu “Data and Storage Usage”.

Berikut ini cara mengaksesnya:

  • Buka “Settings” WhatsApp
  • Pilih menu “Data and Storage Usage”
  • Klik “Storage Usage” dan tunggu hingga aplikasi selesai menganalisis memori;
  • Setelahnya, anda akan melihat deretan chat yang sangat banyak, baik dari personal maupun grup.
  • Kemungkinan besar, kontak yang sering anda hubungi berada pada deretan-deretan atas. Akan tetapi, urutan ini sebenarnya disortir dari banyaknya kapasitas memori internal yang dipakai setiap chat.

Maka dari itu, daftar ini tidak selalu akurat. Untuk memastikannya, anda harus membuka setiap kontak pada deretan atas satu per satu. Nanti, akan terlihat jumlah pesan atau chat yang saling anda kirimkan. Kontak yang sering anda hubungi kemungkinan memiliki jumlah chat yang banyak.

Daftar kontak  “Frequently Contacted” berbeda-beda?

Anda mungkin menemukan bahwa si “A” muncul pada eretan atas “Frequently Contacted” saat anda meneruskan pesan. Namun ketika anda mencoba metode share foto, justru kontak “B” yang ada pada deretan teratas.

Jadi, WhatsApp memberikan daftar tersebut berdasarkan aktivitas yang anda lakukan. Kontak yang muncul pada deretan pertama saat kita mencoba share foto berarti sering menerima media dari kita. Kontak yang muncul pada deretan atas saat meneruskan pesan, kemungkinan sering menerima atau bertukar chat dengan kita. Begitu pula dengan aktivitas lainnya.

Lalu bagaimana jika daftar “Frequently Contacted” selalu sama? artinya kontak tersebut memang sering anda hubungi melalui berbagai aktivitas.

Anda bisa menghapus “Frequently Contacted”

Caranya, dengan menghapus semua chat atau menghapus chat room dengan kontak-kontak yang bersangkutan. Dengan begitu, WhatsApp tidak akan bisa mendeteksinya.

Add a Comment