Resep Hidangan Ikan Sarden, Cocok Untuk Makan Siang

resep ikan sarden

PrimaBerita – Bentuk olahan dari ikan sarden saat ini tersedia dalam ragam resep. Sebab ikan sarden bisa diolah menjadi hidangan apa saja, mulai dari tumis sarden, masak tauco, hingga gulai ikan sarden. Sehingga ikan sarden dapat anda jadikan sebagai menu masakan sehari-hari.

Jika anda agak kesulitan menemukan ikan sarden segar hasil tangkapan nelayan maka ikan sarden kaleng bisa menjadi solusi bagi anda. Ikan sarden kaleng bisa anda masak dengan berbagai macam bumbu dapur maupun rempah. Yuk simak resep ikan sarden berikut ini.

Untuk membuat hidangan sarden, maka terlebih dahulu menyediakan bahan-bahan bumbu seperti:

  • Bumbu Halus

Bumbu halus terdiri dari:

– 3 siung bawang putih

– 5 siung bawang merah

– 4 sdm saus tomat

– 2 buah tomat (potong menjadi 4 bagian)

– 1 ruas jahe

– 5 buah cabai merah keriting

  • Bumbu Pelengkap

Selain bumbu halus, anda juga perlu menyediakan bumbu-bumbu umum dan pelengkap yang meliputi:

– 1/2 kg ikan salem

– 1 sdm saus tiram

– 2 lembar daun salam

– 1 buah jeruk nipis peras

– 2 siung bawang putih

– 3 siung bawang merah

– 10 buah cabai rawit

– 1/2 sdt gula pasir

– 1/2 sdt garam atau seperlunya

– 200 ml air bersih

– 1/2 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat Hidangan Ikan Sarden

1. Langkah pertama yaitu memasukkan semua bumbu halus ke dalam blender atau food processor. Jika sudah halus maka sisihkan sejenak bumbu halus ke dalam sebuah wadah.

2. Kemudian cucilah ikan anda sampai bersih. Jangan lupa membuang kepala ikan. Sesudah itu lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan biarkan selama 15 menit.

3. Sediakan pengukusan. Tim ikan bersama irisan bawang merah dengan bawang putih sampai matang dan berubah warna menjadi pucat. Jika sudah angkatlah.

4. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan penggorengan untuk menumis bumbu halus. Tumis bumbu halus tadi sampai menghasilkan aroma yang wangi.

5. Tambahkan daun salam ke dalam tumisan tadi bersama dengan cabai rawit. Tumis bumbu-bumbu ini sampai terlihat agak mengering. Lalu masukkan air. Agar menambah rasa maka padukan garam, gula pasir, kaldu bubuk, serta saus tiram yang sudah anda sediakan sebelumnya.

6. Masak masakan anda sampai mendidih. Sesudah itu masukkan ikan sampai bumbu juga terlihat meresap ke dalam ikan. Angkatlah setelah selesai anda masak.

7. Sajikan bersama nasi dan menu makan siang lainnya.

Add a Comment