Lakukan di Rumah, Ini Cara Mengobati Gigitan Nyamuk

cara mengobati gigitan nyamuk

PrimaBerita – Seseorang bisa mengobati gigitan nyamuk dengan sejumlah cara sederhana. Cara inipun bisa anda lakukan sendiri di dalam rumah. Sebab bila dibiarkan begitu saja, gigitan nyamuk akan memunculkan bentolan-bentolan kemerahan yang banyak di area kulit.

Selain membuat kulit berbentol kemerahan, gigitan nyamuk juga buat gatal. Jika bentolan semakin banyak maka dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Namun yang lebih penting sebenarnya adalah menghindari gigitan nyamuk. Karena gigitan nyamuk bisa berpotensi menimbulkan penyakit. Salah satu penyakit yang bisa timbul akibat gigitan nyamuk yaitu penyakit demam berdarah atau DBD.

Cara Mengobati Gigitan Nyamuk

Mengoleskan Lotion

Anda bisa mengoleskan lotion kalamin atau krim hidrokortison tanpa resep untuk membantu meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Namun bila anda tidak menemukan lotion kalamin maka anda bisa menggantinya dengan pasta yang terbuat dari campuran soda kue dan air. Cobalah mengoleskannya beberapa kali sampai gejala menghilang.

Mengompres dengan Kain Lembab

Cara selanjutnya yang bisa anda coba yakni mengompres area gigitan nyamuk dengan menggunakan kain lembab atau kompres air dingin. Lakukan hal ini selama beberapa menit secara rutin.

Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya terbukti memiliki sifat anti inflamasi untuk proses penyembuhan luka serta menenangkan infeksi. Selain itu gel lidah buaya ini juga mampu meredakan rasa gatal, entah gigitan nyamuk sekalipun.

Menggunakan Madu

Healthline menuliskan bahwa madu merupakan bahan antiseptik dan juga antibakteri yang punya khasiat dalam menyembuhkan luka. Madu juga bisa mengurangi peradangan. Tapi saat menggunakan madu untuk mengobati bekas gigitan nyamuk sebaiknya jangan pada ruangan yang lebih terbuka. Pasalnya kandungan gula madu dapat menarik lebih banyak perhatian nyamuk.

Air Bawang Putih

Terdapat beberapa krim yang menggunakan ekstrak bawang putih. Hal ini karena kandungan bawang putih memiliki sifat penyembuhan luka. Untuk cara menggunakannya, jangan menggosok bawang putih secara langsung ke permukaan kulit yang terkena gigitan nyamuk. Melainkan encerkanlah bawang putih cincang dengan minyak kelapa. Lalu enceran tersebut oleskan ke bagian yang terkena gigitan nyamuk. Lakukan selama beberapa menit.

Add a Comment