Kenapa Aroma Kentut Setiap Orang Berbeda-beda?

aroma kentut berbeda-beda

PrimaBerita – Ternyata aroma kentut setiap orang berbeda-beda. Kentut atau buang angin merupakan proses keluarnya gas melalui anus (dubur) akibat akumulasi gas dari dalam perut. Sebelum mengeluarkan kentut, biasanya seseorang akan mendapati tanda-tanda berupa mulas di bagian perut.

Kebanyakan orang menghasilkan kentut yang berbau bahkan ada yang sampai berbau busuk. Sehingga aroma kentut kerap tidak disukai oleh semua orang. Namun bagaimanapun aktivitas kentut ini sangat lumrah bagi manusia karena setiap orang pasti pernah mengalami kentut. Tapi tahukah anda bahwa faktanya kentut memiliki banyak aroma?

Fakta mengenai aroma kentut umumnya bisa dipengaruhi oleh karena beberapa hal seperti karena mengonsumsi makanan tertentu ataupun obat-obatan tertentu. Selain itu aroma kentut yang berbeda-beda juga bisa disebabkan oleh sembelit. Agar lebih jelas lagi simaklah alasan mengapa kentut dapat menghasilkan aroma yang busuk.

Alasan Kentut Bisa Bau Busuk

Seorang ahli gastroenterology dari Concorde Manhattan menyampaikan kebanyakan manusia dapat kentut sekitar 15 kali dalam sehari. Tapi pada dasarnya kentut berasal dari gas yang menumpuk dalam saluran pencernaan. Pasalnya setelah makan, bakteri yang ada dalam usus manusia akan bekerja memecah makanan menjadi nutrisi dan proses ini tidak selalu menghasilkan bau yang menyengat. Akan tetapi dari makanan-makanan tertentu dapat menghasilkan gas yang mengandung sulfur. Berikut beberapa jenis makanan yang mampu memicu kentut berbau tidak sedap.

– Makanan dengan Pengganti Gula

Makanan yang terbuat dari pemanis buatan rupanya bisa menghasilkan aroma kentut yang tidak sedap. Hal ini karena saluran pencernaan manusia sulit untuk memecah senyawa pemanis buatan. Sehingga pemanis buatan tersebut bertahan lebih lama dalam usus. Ketika sudah berfermentasi maka dapat menghasilkan gas.

– Sayuran, Telur, Daging, serta Kacang-kacangan

Menurut sumber, makanan seperti bawang, sayuran, telur, daging, maupun kacang-kacangan merupakan faktor paling umum penyebab aroma kentut sangat menyengat. Jadi jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi seperti jenis makanan tersebut maka dapat membuat aroma kentut sangat terganggu.

– Alkohol

Alkohol nampaknya berkontribusi membuat aroma kentut sangat berbau. Samantha Nazareth, seorang ahli gastroenterologi menuturkan hal tersebut dapat terjadi lantaran anggur mengandung zat belerang.

Add a Comment