10 Menu Sarapan yang Paling Sering Disantap Orang Indonesia

sarapan yang paling sering

PrimaBerita – Ternyata ada banyak jenis menu sarapan yang paling sering disantap oleh orang Indonesia. Mulai dari membuat menu yang tergolong praktis hingga yang lebih sulit. Hal ini tentunya tidak terlepas dari keanekaragaman kuliner yang tersebar dari wilayah Sabang hingga Merauke.

Kendati demikian sarapan memang menjadi sebuah kegiatan yang harus dilakukan orang saat pagi hari untuk memulai aktivitas sehari-hari. Karena tanpa sarapan seseorang akan tampak lesu dan tidak bersemangat untuk menjalani segala hal. Bahkan jika melupakan sarapan, pikiran juga menjadi lebih sulit berkonsentrasi.

Menurut penelitian dari sarapan yang paling seringUniversity of Lowa terbitan Journal of the American College of Cardiology mengatakan bahwa sarapan secara signifikan berkaitan dengan peningkatan resiko kematian terkait kardiovaskular. Bahkan penelitian ini melibatkan beberapa kriteria seperti pola makan, gaya hidup, indeks massa tubuh, jenis kelamin, usia, maupun status sosial ekonomi.

Dalam penelitian menemukan mereka yang tidak pernah sarapan mempunyai resiko 87% lebih tinggi terhadap kematian karena kardiovaskular. Jadi sebenarnya sarapan itu memang sangat penting.

Selain itu orang yang tidak sarapan biasanya cenderung mudah tersinggung. Ini juga senada dengan studi terbitan Journal of Physiological Behavior pada tahun 1999. Seseorang yang rutin sarapan akan cenderung memiliki suasana hati yang lebih positif dalam menjalani hari ketimbang mereka yang jarang sarapan.

Studi lainnya dari Harvard University juga menemukan hal tentang sarapan. Wanita yang teratur tidak sarapan memiliki peningkatan resiko 20% terkena penyakit diabetes tipe 2. Sebab kekosongan perut yang kemudian mendadak mengonsumsi makanan sangat banyak dapat membuat tubuh mengalami resistensi insulin.

Umumnya sarapan orang Indonesia adalah hidangan nasi dengan lauk maupun sayur. Akan tetapi selain nasi masih ada menu sarapan lainnya yang sering disantap oleh orang Indonesia. Berikut beberapa menu sarapan orang Indonesia.

  1. Nasi goreng
  2. Lontong sayur
  3. Nasi liwet
  4. Nasi Uduk
  5. Bubur
  6. Nasi gudeg
  7. Nasi pecel
  8. Mie goreng
  9. Oatmeal
  10. Sandwich

Sebagai informasi, sarapan yang lengkap ialah masakan yang cara masaknya secara tradisional.

Add a Comment