Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Sinar Matahari, Waspadai

tanda-tanda tubuh kekurangan sinar matahari

PrimaBerita – Ada beberapa orang yang takut akan sinar matahari karena bisa membuat kulit hitam, gosong atau bahkan kanker kulit. Padahal tubuh memerlukan sinar matahari loh, tubuh juga akan memberikan tanda-tanda jika kekurangan sinar matahari.

Vitamin D dari sinar matahari akan membantu menguatkan tulang serta mengurangi risiko anda terkena penyakit kardiovaskular dan nyeri sendi (arthritis). Tubuh memerlukan sinar matahari setidaknya 5-15 menit saja sudah cukup.

Jika anda kekurangan sinar matahari, berarti Anda rentan kekurangan vitamin D. Padahal, vitamin D penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, juga menjaga daya tahan tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa tanda-tanda tubuh kekurangan sinar matahari yang harus Anda waspadai.

Gampang sakit

Vitamin D dari sinar Matahari mampu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat sehingga Anda bisa melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Bahkan beberapa penelitian besar telah menunjukkan hubungan yang kuat antara kekurangan asupan vitamin D dengan infeksi saluran pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia. Jika sistem imun seseorang melemah maka cenderung gampang sakit.

Sering merasa kelelahan

Orang yang bekerja kantor dari pagi sampai sore atau menghabiskan waktu hanya duduk berjam-berjam  dalam ruangan. Kemungkinan tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Hal ini tentunya membuat mereka tidak mendapatkan asupan vitamin D yang memadai dari sinar matahari oleh karena itu tidak jarang merasa kelelahan.

Nyeri tulang, sendi, dan otot

Jika Anda mengalami nyeri tulang, sendi, dan otot yang terjadi secara misterius, terutama saat cuaca dingin, Anda mungkin kekurangan vitamin D atau kurang sinar matahari. Pasalnya, vitamin D memainkan peranan penting dalam penyerapan kalisum dan metabolisme tulang.

Tidak bisa tidur nyenyak

Sebuah penelitian yang ada dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menyatakan bahwa terdapat kaitan yang erat antara rasa kantuk pada siang hari dengan kadar vitamin D tubuh yang rendah.

Peneliti melakukan pada 81 pasien yang mengeluhkan masalah tidur dan nyeri yang tidak spesifik. Kemudian kadar vitamin D mereka diukur.

Para peneliti menduga bahwa kadar vitamin D yang rendah dapat mengakibatkan rasa kantuk yang berlebihan baik secara langsung atau melalui adanya nyeri kronik.

Keringat berlebih

Sering berkeringat padahal suhu sedang tidak terlalu panas dan tidak berolahraga? Anda harus waspada, karena sering keringatan tanpa ada sebab yang jelas bisa jadi tanda kurang sinar matahari alias tidak mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

Jika suhu dan tingkat aktivitas normal namun Anda sering keringatan, mungkin sudah saat Anda berkonsultasi ke dokter untuk cek darah.

Ini harus anda lakukan untuk memastikan apakah tubuh Anda kurang vitamin D atau tidak. Pasalnya, asupan vitamin D yang rendah mungkin berkaitan dengan sejumlah kondisi kesehatan tertentu.

Add a Comment