Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

cara mengembalikan kontak WA

PrimaBerita – Jika anda mengalami kehilangan kontak whatsapp atau WA maka langkah yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara mengembalikan kontak WA yang hilang tersebut. Pasalnya kontak WA begitu penting saat ini apalagi setelah memasuki jaman yang semakin canggih, dimana orang-orang sekarang ini menggunakan aplikasi whatsapp untuk berkomunikasi jarak jauh maupun dekat.

Hal ini karena whatsapp telah menjadi aplikasi berkirim pesan praktis yang sangat populer sekarang ini. Bahkan hampir semua pengguna smartphone telah mengunduh dan menggunakan whatsapp. Maka bila suatu saat kontak WA anda hilang sebaiknya langsung lakukan saja cara-cara seperti berikut ini.

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp

1. Bersihkan Cache Aplikasi Whatsapp

Bila kontak WA hilang tiba-tiba maka langkah ini bisa anda terapkan. Caranya dengan masuk ke bagian pengaturan (setting) smartphone lalu klik application dan pilihlah whatsapp. Nanti setelah anda mendapati tampilan apps info segera pilih menu force stop. Kemudian pilihlah menu clear cache. Bila sudah coba restart ponsel dan masuk kembali ke aplikasi whatsapp.

2. Aktifkan Menu Permission

Bisa jadi ketika kontak WA anda hilang secara mendadak karena belum mengaktifkan menu permission. Oleh sebabnya untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi maka wajib aktifkan settingan menu permission pada smartphone.

3. Aktifkan Kontak Pada Akun Gmail

Kontak WA yang anda simpan terintegrasi dengan akun google. Pilihlah menu settings dalam aplikasi kontak smartphone lalu cek list akun gmail yang menyimpan kontak. Sesudah itu jangan lupa pula untuk merefresh contact pada aplikasi WA. Nantinya secara otomatis kontak yang hilang akan terdeteksi kembali.

4. Tampilkan Semua Kontak dari Pengaturan

Saat nomor kontak WA tiba-tiba hilang bisa jadi hal tersebut akibat pengaturan kontak dalam menu pengaturan WA belum aktif. Jadi ada baiknya aktifkan segera pengaturan ini dalam menu settings. Kemudian pilih contact dan cek list opsi display all contact.

5. Install Ulang Whatsapp

Bila sudah melakukan hal demikian namun belum juga berhasil maka anda bisa mencoba lakukan penghapusan aplikasi dan mengunduhnya kembali. Ini dapat menjadi cara paling terakhir untuk memulihkan kontak anda yang hilang mendadak.

Baca Selanjutnya: 5 Aplikasi Ini Bisa Kembalikan Data yang Terhapus pada Handphone

Add a Comment