7 Ciri-Ciri Kanker Usus Besar yang Jarang Disadari

Ciri-ciri Kanker Usus besar

PrimaBerita – Kanker usus menjadi penyebab kematian ketiga terbesar bagi pria dan wanita Amerika Serikat. Kanker tersebut pada usus besar yang berbatasan dengan anus. Hal tersebut karena tidak menyadari ciri-ciri kanker usus besar.

Masalah kanker usus awalnya terjadi karena polip usus atau kelainan. Meski tak begitu membahayakan, polip yang terus anda biarkan bisa berkembang menjadi tumor dan kanker.

Pada beberapa kasus ringan, mungkin ciri-ciri kanker usus juga sulit karena mirip dengan masalah pencernaan biasa. Maka dari itu, lakukan pemeriksaan jika dirasa pencernaan sedang tidak baik-baik saja.

Berikut 7 Ciri-Ciri Kanker Usus Besar yang Jarang disadari :

Sakit Perut

Kebanyakan penderita sulit membedakan antara sakit perut biasa dan kanker. Satu hal yang mungkin bisa anda jadikan patokan, ketika sakit perut terjadi begitu tidak tertahankan.

Kanker pada saluran cerna bisa menyebabkan sakit perut ketika pertumbuhannya menghalangi usus. Tepatnya ketika makanan mulai memasukinya dan berusaha keluar dari tubuh manusia. Jika terus anda biarkan, kondisi ini bisa berakibat pada perdarahan dan perforasi.

BAB Tidak Lancar

BAB yang tidak lancar bisa menjadi pertanda bahwa ada penyumbatan pada usus besar. Tidak semua konstipasi berawal dari kotoran yang sudah keras.

Pada awalnya, kotoran bertekstur lembut. Akan tetapi ketika kotoran banyak mengalami rintangan pada perjalanan, kotoran ini akan bermanuver dan menjadi keras. Akibatnya bisa menjadi lebih padat saat diujung saluran dan menyebabkan konstipasi.

Anda dapat mengetahuinya ketika konstipasi terjadi sangat lama. Apalagi ketika tumor tumbuh pada ujung rektum. Risikonya, kotoran semakin sulit keluar dan menyebabkan sembelit lebih dari empat minggu.

Mual dan muntah

Kanker usus menyebabkan mual dan muntah ketika gejalanya pencernaan lain seperti sakit perut akut, sembelit, dan perubahan feses.

Mual dan muntah terjadi ketika pertumbuhan sel kanker sudah menyumbat usus. Sudah pasti kondisi ini mengganggu sistem pencernaan. Memengaruhi proses pemadatan, cairan, dan konsentrasi gas dalam usus. Sakit perut hebat akan terjadi, asam lambung naik, dan muntah akan terjadi.

Kembung dan kram

Bagi penderita kanker usus, kembung terjadi ketika asupan makanan dan minuman belum mereka lakukan. Perut kosong yang terasa kembuh termasuk ciri-ciri kanker usus, terlihat dari gas yang ada pada saluran cerna. Tepatnya ketika gas dalam perut sampai menyebabkan sendawa berlebihan dan otot perut kram. Gejala tambahannya adalah nyeri luar biasa hebat ketika perut tengah kosong.

Perubahan Feses

Jangan sepelekan ketika feses berdarah, keras, dan berwarna gelap, kondisi seperti ini terjadi lebih dari tiga kali. Sudah pasti pemeriksaan ke dokter harus dilakukan. Perdarahan pada usus bisa terjadi karenanya. Feses juga akan berwarna lebih hitam gelap atau marun.

Tak hanya menjadi keras, kanker usus bisa menyebabkan feses lebih cair dan menipis. Sebenarnya tak hanya buang air besar. Ciri-ciri kanker usus bisa berdampak pula pada intensitas buang air kecil yang tidak terkontrol dengan baik.

Asam Lambung Naik

Asam lambung membuat tenggorokan menjadi panas ketika cairan asamnya sudah sampai ke kerongkongan. Tepatnya ketika katup bawah esofagus tidak menutup sempurna.

Katup ini normalnya berguna sebagai jalan makanan dari mulut. Tak hanya menjadikan mulut terasa pahit dan tenggorokan panas, hal ini berdampak pula pada nyeri dada seperti terbakar.

Ketika asam lambung tak kunjung sembuh padahal sudah anda obati, waspadai.

Berat Badan Turun

Penurunan berat badan drastis harus diwaspadai terutama bagi yang tidak melakukan program diet sama sekali. Pada umumnya sel kanker yang akan memengaruhi proses perubahan nutrisi menjadi energi.

Ciri lebih lanjut : 

– Kelelahan

– Sering merasa BAB tidak tuntas

– Perubahan pada bentuk tinja yang terjadi lebih dari sebulan

– Penurunan berat badan drastis

– Sakit kuning (ikterus)

– Pandangan kabur

– Pembengkakan pada lengan dan tungkai

– Sakit kepala

– Patah tulang

– Sesak napas

Add a Comment