4 Menu Sarapan Sehat yang Bebas Kolesterol

Menu Sarapan Bebas Kolesterol

PrimaBerita – Hal wajib yang perlu anda lakukan saat pagi hari adalah sarapan agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas seharian. Namun pilihlah menu sarapan sehat yang bebas kolesterol jika anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Memilih menu yang tepat mampu mencegah mengidam makanan yang tidak sehat kemudian hari. Untuk itu, anda bisa mengganti menu sarapan anda.

Berikut 4 Menu Sarapan Sehat yang Bebas Kolesterol

Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang menempel pada kolesterol LDL (lemak jahat) di saluran pencernaan, sehingga lemak tersebut bisa ikut keluar dari tubuh saat oatmeal telah tercerna dengan baik. Untuk menambah rasa dan kandungan serat, anda bisa menambahkan oatmeal dengan irisan apel, pir, atau raspberry atau stroberi.

Avocado Toast

Perpaduan roti panggang dengan daging alpukat yang telah anda haluskan bisa menjadi pilihan sarapan yang sangat kekinian. Selain kekinian, menu ini bisa menyehatkan tubuh anda juga.

Konsumsi alpukat per hari menurunkan kadar kolesterol LDL pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Alpukat kaya asam lemak tidak jenuh tunggal yang menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung serta stroke.

Anda dapat menggunakannya sebagai pengganti makanan sarapan yang kaya asam lemak jenuh yang tidak sehat, seperti sosis atau bacon. Alpukat juga kaya sterol, yaitu zat nabati yang membantu menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu saja, alpukat juga tinggi serat larut dan tidak larut.

Bayam dan Putih Telur

Telur memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Namun, kandungan kolesterol yang tinggi hanya terdapat dalam kuning telur saja. Bagian putih telur bebas kolesterol dan terkemas dengan protein.

Anda bisa mengambil bagian putih telur dan aduk dengan sedikit bayam untuk tambahan serat. Kemudian, masak telur dengan minyak zaitun atau minyak canola. Minyak sehat ini membantu meningkatkan angka kolesterol baik lebih banyak lagi.

Jus Jeruk

Buah jeruk dikenal sebagai sumber vitamin C yang sangat baik. Jus jeruk botolan biasanya diberi penambah nutrisi untuk memperkuat jus dengan sterol dan stanol tanaman. Tambahkan 2 gram sterol ke dalam diet harian dapat menurunkan kolesterol LDL hingga 5-15 persen.

Jika anda tidak menyukai jus jeruk, anda bisa mencoba makanan lain yang punya kandungan yang sama, seperti granola atau cokelat.

Add a Comment