Pangdam I/BB Didampingi Kapoldasu Pimpin Apel Gabungan TNI-Polri dan Patroli Bersama di Lapangan Benteng

PrimaBerita – Dalam rangka mewujudkan stabilitas keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif dan memantapkan Sinergitas TNI – Polri dan Pemerintah Kota Medan dan sekitarnya. Maka Kodam I/ BB telah menggelar Apel Gabungan TNI-Polri dan Patroli Bersama berskala besar.

Hal ini dikatakan Panglima Kodam I/ Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI Hassanudin SIP, MM didampingi Kepala Kepolisian Daerah Sumut (Kapoldasu) Irjen Pol Martuani Sormin, saat memimpin kegiatan Apel Gabungan TNI – Polri dan patroli bersama berskala besar di Lapangan Benteng Medan, Selasa (8/12/2020).

Menurut Pangdam I bahwa kegiatan Apel Gabungan yang diigelar semata-mata untuk memupuk Soliditas dan menjaga hubungan silaturahmi antara TNI – Polri serta komponen bangsa agar bisa terjaga lebih baik.

Pangdam menerangkan bahwa kegiatan Apel Gabungan menjadi wahana mempererat hubungan diantara semua komponen bangsa sehingga tidak ada lagi tabir yang memisahkan kita selaku anak bangsa Indonesia.

Pangdam berharap Apel Gabungan TNI – Polri dan patroli bersama, maka sesama Aparatur Negara harus bisa melindungi, mengayomi dan memberikan jaminan rasa keamanan kepada warga masyarakat serta bisa wujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif tercapai.

Lanjut Pangdam, Untuk itu, Mari kita laksanakan tugas pengamanan Pilkada 2020, sesuai tugas pokok dan fungsinya terutama dalam agenda pelaksanaan pemilihan Walikota, Bupati untuk bisa berjalan dan terlaksana dengan baik dilandasi semangat Soliditas dan Sinergitas TNI – Polri.

Senada dengan Pangdam I/BB, Kapoldasu menegaskan, Patroli Gabungan TNI-Polri dan Pemko Medan ini untuk memberikan rasa aman dan menciptakan kondusifitas di wilayah Kota Medan, Provinsi Sumut.

“Patroli gabungan skala besar ini serentak dilakukan di 23 kabupaten dan kota di Sumut yang menggelar Pilkada Serentak 2020. Selain itu, patroli ini juga sebagai wahana untuk menghimbau warga menggunakan hak politiknya dalam memilih calon kepala daerah,” jelasnya.

Untuk pengamanan, Poldasu menurunkan personel dengan dibantu Prajurit Kodam I/BB. “Poldasu telah mengirimkan personel untuk pengamanan Pilkada serentak 2020 di 23 Kabupaten/Kota Sumut.

Dalam pengamanan Pilkada 2020, pihak Poldasu dibantu personel TNI yang berada di daerah termasuk Korem dan Kodim, saat ini personel TNI – Polri telah berada di lokasi TPS hingga di Kepulauan Nias,” terang Kapoldasu.

Usai Apel Gabungan, maka acara dilanjutkan dengan pagelaran Patroli Bersama TNI- Polri berskala besar, dimulai dari Lapangan Benteng dan finish di RM Garuda Jalan Patimura Medan. Patroli bersama itu langsung dipimpin Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, bersama Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin.

Patroli gabungan skala besar TNI-Polri dan Pemko Medan ini, dibagi dua kelompok. Kelompok pertama, Pangdam I/BB, Kapoldasu, Danlantamal I, Pangkosekhanudnas III, Danlanud Soewondo, Danwing III Paskhas, Dandim 0201/BS, Danyonmarhanlan I, dan para PJU TNI-Polri.

Kelompok kedua terdiri dari personel Babinsa dari Koramil jajaran Kodim 0201/BS, Bhabinkamtibmas Polrestabes Medan, dan Satpol PP jajaran Pemko Medan.

Turut mengikuti Apel Gabungan TNI-Polri dan Patroli bersama, Danlantamal I Belawan Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso, Pangkosekhanudnas III Marsma TNI Erson SB Sinaga, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Didied Pramudito, Wakapoldasu Brigjen Pol Dadang Hartanto, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb JH Ginting, Danwing 3 Paskhas Kolonel Pas Deni Ramdani, Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar, Danyonmarhanlan I Letkol Mar Farick, dan para PJU dari Kodam I/BB, Poldasu, Lantamal I, Kosekhanudnas III, serta pejabat terkait lainnya.

Add a Comment