Manfaat Bermain Badminton Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bermain Badminton

PrimaBerita – Salah satu jenis kegiatan olahraga seperti bermain badminton dapat memberi manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu jenis olahraga ini juga tidak terlalu berat untuk dilakukan.

Menurut wikipedia, pengertian badminton atau bulu tangkis merupakan suatu olahraga yang menggunakan alat bergagang berbentuk bulat dengan memiliki rongga-rongga pada bagian pemukulnya. Alat tersebut lazimnya disebut dengan raket.

Tujuan bermain bulu tangkis ini yaitu untuk memukul bola permainan atau kok agar melewati jaring dan jatuh ke lokasi lawan. Siapapun bisa bermain bulu tangkis (badminton), mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Lantas apa saja manfaat bermain badminton?

Manfaat Bermain Badminton Bagi Tubuh

Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dari segi biologis, aktivitas bulu tangkis dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Dengan keringat yang bercucuran serta gerakan-gerakan aktif maka tubuh akan lebih banyak dalam menyerap oksigen. Sehingga sirkulasi darah pun menjadi lebih cepat dan metabolisme tubuh menjadi meningkat.

Mengencangkan Otot

Olahraga bulu tangkis dapat mengencangkan otot tubuh karena gerakannya yang aktif membakar lemak. Jika rutin bermain badminton maka otot-otot seperti otot paha depan, otot bokong, maupun otot paha belakang akan dominan lebih terbentuk.

Melatih Daya Tahan Otot dan Stamina

Kemungkinan besar seseorang akan mudah lelah saat pertama kali mulai bermain badminton. Tetapi seseorang yang rutin bermain bulu tangkis atau badminton maka daya tahan otot serta staminanya menjadi terlatih. Sehingga hal ini bermanfaat untuk anda dapat mengerjakan hal berat untuk waktu yang lama.

Menyingkirkan Lemak dalam Tubuh

Meski badan anda gemuk, jangan segan dan malu untuk bermain bulu tangkis. Karena olahraga bulu tangkis bisa membantu anda dalam menurunkan bobot tubuh atau menyingkirkan lemak tubuh. Menurut sebuah sumber, bermain badminton selama 1 jam saja dapat membakar 500 kalori.

Melatih Kelenturan

Kelenturan lengan dan kaki sangat penting dalam bermain bulu tangkis supaya bisa melakukan smash yang aktif. Oleh karena itu bermain badminton juga akan melatih kelenturan. Dengan kelenturan tersebut berarti anda memiliki resiko yang kecil untuk terkena nyeri otot maupun cedera.

Memadatkan Tulang

Manfaat lainnya dari bermain bulu tangkis secara intents yang bisa anda rasakan yaitu tulang menjadi lebih padat. Bulu tangkis dapat menambah kepadatan tulang dengan membuat tubuh memproduksi lebih banyak osteoblas.

Add a Comment