Jelang Pilkada Serentak di Medan, Seluruh Alat Peraga Kampanye Dibersihkan

alat peraga kampanye

PrimaBerita – Jelang pilkada serentak 9 desember 2020, pemerintah kota Medan dengan Bawaslu setempat sudah mulai membersihkan seluruh alat peraga kampanye. Penertiban APK ini pun sudah mulai berlaku sejak sabtu kemarin.

“Penertiban mulai kita lakukan pada sabtu 5 desember malam hingga minggu dini hari. Sebab terhitung hari ini hingga pencoblosan merupakan masa tenang hingga pencoblosan pikada serentak,” tutur asisten administrasi umum setdako Medan, Renward Parapat (6/12/2020) sebagaimana lansiran Antara.

Para petugas yang turun terdiri dari puluhan personel satpol PP,dinas perhubungan, aparat TNI/Polri, KPU kota Medan, PPK, serta Bawaslu kota Medan. Tim penertiban ini bergerak secara serentak untuk membersihkan seluruh alat peraga kampanye (APK) paslon walikota dan wakilnya periode 2021 – 2025. Adapun pembersihan APK berupa jenis baliho seperti spanduk maupun poster yang berada pada kawasan Medan Barat dan sekitarnya.

“Untuk jenis baliho,diputuskan menggunakan mobil tangga milikdinas kebersihan dan pertamanan kota Medan. Sehingga seluruh APK baik pasangan calon nomor urut 1 maupun 2 dapat terjangkau dan dibersihkan,” cetus Renward.

Selain itu ia juga menerangkan terkait penertiban alat peraga kampanye pilkada tersebut. Pasangan calon walikota dan wakil wali kota Medan nomor urut satu dan dua berlangsung secara simbolis pada dua titik lokasi. Kedua titik lokasi tersebut yaitu Jalan Perintis Kemerdekaan serta Jalan Palang Merah.

“Malam tadi, cuma dua titik saja. Tapi tepat pukul 24:00 WIBdini hari tadi seluruh kecamatan dengan serentak melakukan penertiban APK. Kita juga meminta kepada masing-masing tim kampanya agar melakukan penertiban secara persuasif, edukatif, dan seadil-adilnya tanpa adadiskriminatif,” papar Renward, asisten administrasi umum setdako Medan.

Sebelumnya pasangan calon nomor urut 1 dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Medan 2020 yaitu Akhyar Nasution dan Salman Afarisi. Sedangkan nomor urut 2 terisi oleh pasangan Muhammad Bobby Afif Nasution dan Aulia Rachman. Sementara itu pihak KPU Medan juga sudah mulai mendistribusikan logistik pelaksanaan pilkada kota Medan ke seluruh kecamatan kota Medan provinsi Sumatera Utara.

Add a Comment