Bagaimana Mengetahui Wifi Milik Pribadi Dipakai Orang Lain?

Bagaimana Mengetahui Wifi Milik Pribadi Dipakai Orang Lain?

PrimaBerita – Mungkin suatu waktu wifi pribadi anda dipakai oleh orang lain sehingga hal tersebut memunculkan koneksi lebih lambat dari biasanya. Bahkan anda sendiri tidak mengetahui wifi telah digunakan oleh orang lain. Jika masalah seperti itu timbul maka anda bisa melihatnya dari ulasan berikut.

Cara Mengetahui Wifi Milik Pribadi Dipakai Orang Lain

  • Periksa Lampu Router Wireless

Wireless router seharusnya mempunyai lampu indikator yang menunjukkan aktivitas koneksi internet maupun koneksi jaringan kabel. Selain itu wireless router juga dapat menunjukkan akivitas nirkabel apapun. Untuk mengetahui apakah ada orang yang menggunakan jaringan milik pribadi adalah dengan mematikan sementara semua perangkat nirkabel. Lalu lihatlah apakah lampu nirkabel masih berkedip atau tidak.

  • Periksa Daftar Perangkat Router

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang aktivitas jaringan wireless, konsol administratif router dapat membantu anda. Oleh karena itu yang bisa anda lakukan yaitu masukkan alamat IP router ke jendela browser web. Nantinya beberapa router memiliki alamat IP default yang bisa anda pakai untuk mengakses panel admin.

Namun jika tidak maka anda akan dapat menemukan alamat pada windows dengan membuka command prompt, caranya dengan menekan Win + R dan ketik cmd. Lalu ketik ipconfig pada jendela, setelah itu enter. Angka pada bagian samping Default Gateway atau IPv4 address adalah yang sedang anda cari. Baru ketik alamat IP ke jendela browser. Saat itu pula anda akan menerima perintah masuk ke router.

Sementara itu semua router berbeda. Namun setelah anda masuk cobalah cari bagian yang terkait dengan perangkat yang terhubung, seperti device manager ataupun connected devices. Anda tinggal hanya membandingkan perangkat yang terhubung dengan perangkat miliki anda sendiri.

Lakukan Pencegahan Jika Menemukan Perangkat yang Tidak Anda Inginkan

Cobalah pastikan keamanan wireless anda menggunakan enkripsi WPA2. Kemudian hal selanjutnya yakni menyiapkan kata sandi baru. Ini penting untuk mencegah penggunaan yang tidak anda inginkan dalam akses jaringan WIFI milik pribadi. Pastikan juga bahwa kata sandi yang baru ini lebih kuat dan lebih rumit dari sebelumnya.

Add a Comment