6 Buah Ini Disarankan Untuk Dikonsumsi Penderita Asam Urat

PrimaBerita – Buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah buah-buahan yang tinggi akan kandungan vitamin C. Tak perlu khawatir, buahan-buahan berikut ini sangat dekat dengan kehidupan manusia sehingga anda bisa menjadikan buah-buahan tersebut sebagai makanan yang aman untuk anda konsumsi.

Orang yang mengalami asam urat biasanya akan merasakan nyeri hingga pembengkakan sendi yang bisa tiba-tiba parah. Hal ini karena asam urat atau gout merupakan sejenis artritis, yakni suatu kondisi peradangan pada persendian. Sehingga untuk itulah penting untuk mengonsumsi makanan yang aman bagi penderita asam urat.

Melansir dari Detik, berikut ini terdapat daftar buah untuk asam urat.

Buah pisang bagus untuk penderita asam urat. Hal ini karena pisang mengandung senyawa yang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh manusia. Bila anda tidak begitu suka mengonsumsi pisang secara langsung maka anda bisa mengombinasikannya dengan chia seed atau menjadikannya sebagai minuman segar smoothies dengan campuran strawberry.

  • Buah Berry

Meski buah berry terkadang asam namun buah berry mengandung segumpal manfaat bagi kesehatan. Bagi penderita asam urat, sebaiknya perbanyak mengonsumsi strawberry maupun blueberry. Pasalnya jenis berry tersebut bersifat antiinflamasi.

  • Semangka

buah untuk asam urat

Mengandung tinggi air, semangka dapat membantu menurunkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh. Buah semangka bersifat diuretik alami sehingga bagus untuk meningkatkan aliran urine tanpa membuat ginjal bekerja lebih keras.

  • Apel

Apel tak hanya mampu menurunkan berat badan melainkan juga baik bagi pengidap asam urat. Mengonsumsi buah apel secara rutin bisa mencegah asam urat berkat kandungan asam malatnya. Jenis asam ini dapat menetralkan asam urat dalam aliran darah manusia.

  • Kiwi

Vitamin C yang terdapat dalam kiwi bagus untuk meningkatkan pengeluaran asam urat dari dalam tubuh. Selain itu vitamin C tersebut juga berkhasiat untuk menghambat produksi enzim xantin oksidase.

  • Jambu Biji

buah untuk asam urat

Sama seperti buah di atas, jambu biji juga dapat meningkatkan pengeluaran asam urat dari dalam tubuh. Selain itu jambu biji juga bermanfaat sebagai sumber antioksidan.

Add a Comment