Tanda Kalian Kurang Air

Prima Berita – Kita sering mendengar ungkapan delapan gelas air setiap hari bukan? Nyatanya apakah kalian sudah meminum delapan gelas air hari ini? Jika belum, segeralah minum air putih. Faktanya, tubuh mempunyai berbagai cara untuk menunjukkan tanda kurang air. Ketika tubuh kekurangan air, tubuh akan memberi kode melalui tanda ini. Kalian bisa mengetahui lebih lanjut tanda kurang air dengan tetap scrolling ke bawah ya guys!

Konsumsi minuman manis hanya akan menghilangkan rasa haus dan akan memberikan masalah di kemudian hari. Namun, konsumsi air putih di saat haus justru dapat melumasi selaput lendir di mulut dan tenggorokan, sehingga hal tersebut dapat menjaga mulut tetap dalam keadaan basah dengan air liur selama tegukan pertama.

  • Mata kering

Kurangnya konsumsi air putih dapat menyebabkan saluran air mata mengering, sehingga hal tersebut dapat membuat mata kering dan merah.

  • Nyeri sendi

Tidak hanya kulit, namun tulang rawan dan tulang belakang cakram juga membutuhkan asupan air yang banyak; 80% dari tulang rawan dan tulang belakang cakran terdiri dari air. Konsumsi air putih yang cukup dapat menghindari tulang-tulang tersebut saling bergesekan dan dapat membuat kalian dapat bergerak leluasa, seperti berlari, melompat, dll.

  • Kulit kering

Semakin kurang mengkonsumsi air, semakin sedikit produksi keringat di tubuh. Hal tersebut akan menyebabkan tubuh mengalami penurunan fungsi dalam membersihkan kelebihan kotoran dan minyak. Padahal, sebagai organ terbesar di tubuh, kulit harus tetap dalam keadaan terhidrasi dengan baik.

  • Kelelahan

Ketika dehidrasi, darah menjadi lebih tebal sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk menjaga oksigen dan nutrisi tetap bergerak ke seluruh sistem peredaran darah. Kurangnya darah yang terhidrasi dapat menyebabkan kurangnya oksigen yang dibawa ke seluruh tubuh. Hal tersebut membuat kalian cepat mengantuk dan kelelahan.

  • Sembelit

Kurang mengkonsumsi air dapat membuat sistem pencernaan bekerja tidak optimal. Kurangnya asupan air di dalam usus akan menyebabkan proses penyerapan makanan terganggu.

  • Jarang buang air kecil

Tanda bahwa kalian kekurangan air putih adalah warna urin kuning gelap. Warna urin yang normal adalah warna kuning cerah. Bahkan, dalam kasus ekstrem, dehidrasi menyebabkan terjadinya infeksi saluran kencing.

Add a Comment