Sering Duduk Menyilangkan Kaki? Ini Dampaknya bagi Kesehatan

PrimaBerita – Posisi duduk adalah hal yang tidak boleh hilang dari perhatian anda meski tampak sepele namun bisa berdampak pada banyak hal. Salah satu posisi duduk yang sering orang lakukan adalah menyilangkan kaki.

Padahal posisi duduk yang tidak tepat, bisa berujung pada munculnya masalah kesehatan. Salah satu posisi duduk yang biasa anda lakukan saat santai namun bisa berdampak buruk adalah menyilangkan kaki.

Selain masalah pada postur, banyak orang menyangka bahwa posisi duduk ini bisa berdampak pada kesehatan dalam bentuk berbeda. Sayangnya beberapa pandangan ini ternyata hanya mitos semata. Melansir dari Times of India, ada sejumlah dampak kesehatan yang bisa muncul dari kebiasaan ini.

Berikut Dampak Kesehatan Sering Duduk Menyilangkan Kaki :

Tekanan Darah Tinggi

Sebelumnya dua penelitian mengungkap bahwa duduk dengan kaki menyilang bisa membuat tekanan darah naik. Walau begitu, kenaikan yang muncul pada tekanan darah ini ternyata hanya sementara.

Varises

Selama ini, telah banyak yang percaya bahwa duduk menyilangkan kaki bisa berujung varises. Namun ternyata hal ini tidak terbukti kebenarannya. Masalah ini tidak berhubungan dengan postur duduk dan biasanya yang mengalaminya adalah mereka yang duduk atau berdiri dalam waktu lama.

Dampak pada Kehamilan

Bagi wanita hamil, posisi ini tidak berbahaya dan tidak menyakit janin atau tidak berpengaruh pada janin. Meski begitu, anda bisa mengalami nyeri sendi, otot tegang, atau sakit punggung. Hal ini terjadi karena dalam perut anda terdapat janin sehingga terjadi perubahan internal.

Nyeri Lutut dan Sendi

BAda banyak hal yang menjadi penyebab nyeri sendir, bisa karena sejumlah alasan seperti cedera, radang sendi, atau masalah kesehatan lain. Pada kasus langka tertentu, duduk menyilangkan kaki bisa menyebabkan masalah lutut atau sendi. Lebih lanjut, ketika anda mengalami masalah ini, duduk dalam posisi ini untuk waktu lama bisa memperburuknya.

Walau beberapa mitos tidak terbukti, namun duduk dalam postur yang tepat sebaiknya anda lakukan untuk mencegah munculnya masalah di kemudian hari.

Add a Comment