Tips Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi, Ubah Pola Makan

Tips Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

PrimaBerita – Tubuh memang membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat. Namun jika kolesterol tinggi anda perlu melakukan beberapa tips untuk menurunkan kolesterol yang tinggi.

Kolesterol sendiri merupakan zat lilin yang menempel pada dinding arteri atau ikut bersirkulasi dalam darah. Tubuh bisa memperoleh secara alami kolesterol atau melalui makanan yang anda konsumsi.

Kolesterol terbagi atas dua jenis, yakni kolesterol jahat ( low-density lipoprotein) dan kolesterol baik (high-density lipoprotein). High-density lipoprotein (HDL) bekerja untuk membantu membersihkan low-density lipoprotein (LDL) dari aliran darah. Sedangkan LDL suka menempel dan menyumbat aliran darah.

Kolesterol yang tinggi dapat menghalangi aliran darah bahkan beresiko menyumbatnya. Kolesterol tinggi bisa memicu berbagai penyakit terutama yang berhubungan dengan jantung.

Namun, memilikinya terlalu banyak juga bisa menghalangi aliran darah bahkan berisiko menyumbatnya. Itu sebabnya, kolesterol tinggi bisa memicu berbagai penyakit terutama yang berhubungan dengan jantung untuk itu anda harus menurunkannya.

Berikut Tips Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

Mengubah Pola Makan

Mengubah pola makan bisa mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam darah. Pola makan yang bagi pengidap kolesterol tinggi yakni menghindari atau membatasi makanan yang mengandung lemak seperti otak, kuning telur, hati, babat, lemak hewani, daging merah (babi, sapi, dan kambing.

Lemak Jenuh seperti mentega, daging merah, susu murni, telur, dan minyak nabati yang bisa meningkatkan kadar LDL dalam darah. Lemak trans seperti makanan cepat saji, dan makanan yang d!panggang.

Cobalah untuk mengganti makanan tersebut dengan, biji-bijian dan kacang-kacangan, uah-buahan seperti alpukat, apel, dan pir dan beri-berian.

Menggunakan minyak nabati sehat, seperti bunga matahari, safflower, dan minyak zaitun untuk menggoreng dengan api kecil. Jika menggorengnya dengan api besar, maka akan menghasilkan lemak trans. Ikan tinggi lemak tak jenuh, seperti salmon, mackerel, dan herring.

Rutin Berolahraga

Olahraga mampu membakar lemak termasuk kolesterol yang menempel pada dinding arteri. Berjalan cepat atau bersepeda setiap hari dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL yang membantu mnegurangi kelebihan LDL dari aliran darah.

Cobalah untuk melakukan setidaknya latihan aerobik intensitas sedang selama 30 menit dalam lima hari selama seminggu. Olahraga tentu harus anda barengi dengan pola makan sehat.

Berhenti Merokok

Selain meningkatkan risiko kanker dan COPD, merokok dapat memengaruhi kadar kolesterol. Orang yang merokok cenderung memiliki LDL tinggi dan kadar HDL rendah. Jika anda sudah mencoba beberapa metode dan hasilnya tetap gagal, minta dokter untuk merekomendasikan strategi baru yang membantu anda untuk berhenti merokok secara total

Turunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas cenderung meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan kolesterol HDL. Maka dari itu, menurunkan berat badan ke angka yang lebih ideal otomatis akan menurunkan kadar kolesterol jahat pula.

Add a Comment