Ini Makanan Terlarang Untuk Penderita Asam Lambung

Makanan terlarang asam lambung

PrimaBeritaMakanan terlarang untuk penderita asam lambung yang perlu anda ketahui. Asam lambung atau gastritis merupakan masalah pencernaan yang paling umum orang dewasa alami.

Asam lambung yang tinggi akan menyebabkan berbagai keluhan. Mulai dari perut kembung yang membuat tidak nyaman hingga sensasi seperti terbakar pada jantung yang cukup menyakitkan.

Pada sebagian besar yang menjadi penyebab asam lambung adalah karena konsumsi bahan makanan yang dapat memicu kenaikannya. Terutama makanan jenis asam dan pedas.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut makanan terlarang untuk penderita asam lambung :

Daging Merah

Daging merah tergolong bahan makanan tinggi lemak. Baik itu daging sapi, domba dan babi masuk ke dalam jenis daging merah. Ketiganya bahkan memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dari jenis daging lain.  Anda masih tetap bisa mengonsumsi daging namun lakukan pembatasan, maksudnya adalah jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

Keju

Beberapa produk olahan susu mengandung lemak yang cukup tinggi. Misalnya keju, susu, sour cream dan masih banyak lagi.

Produk olahan susu cukup berisiko membuat asam lambung naik. Bahkan bagi mereka yang sangat rentan terhadap refluks asam tidak seharusnya memilih es krim sebagai dessert.

Mentega

Alasan lemak harus dihindari adalah karena lemak akan lama dicerna tubuh dan bertahan lebih lama di dalam perut. Adanya makanan yang tertinggal seperti ini akan menghasilkan asam lambung lebih banyak lagi.

Buah-buahan Asam

Beberapa orang percaya menambahkan irisan buah dalam air, yang biasa disebut infused water, akan bisa membantu orang minum air lebih banyak. Namun pilihan buah yang salah dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Pemilihan buah dengan kandungan asam seperti ini bisa memicu naiknya asam lambung.

Tomat

Tanpa disadari, tomat ternyata memiliki kandungan asam yang cukup tinggi layaknya lemon. Bagi mereka yang rentan terhadap asam, tomat akan dapat memicu naiknya asam lambung.

Selain tomat segar berbagai olahan tomat juga seharusnya anda kurangi atau bahkan hindari. Olahan tomat tersebut termasuk marinara, saus, dan salsa.

Bawang Putih

Banyak ang mepercayai bahwa bawang putih baik untuk kesehatan jantung. Nyatanya rasa bawang putih yang kuat dapat menyebabkan mulas. Jika terlalu banyak anda konsumsi, bawang putih juga akan berdampak pada naiknya asam lambung.

Bawang Bombai

Serupa dengan bawang putih, bawang bombai juga masuk dalam bahan makanan yang mengandung asam. Terutama bawang bombai mentah.

Penggunaan bawang bombai pada masakan bisa anda siasati dengan mengganti bahan. Hal ini bertujuan untuk menghindari konsumsi bawang bombai berlebihan.

Merica

Rasa merica yang cenderung pedas tidak baik untuk lambung. Merica juga dapat memicu naiknya kadar asam lambung yang menyebabkan beberapa keluhan pada perut.

Makanan Pedas

Makanan pedas mengandung capsaicin. Selain lemak, capsaicin juga termasuk senyawa yang lama dicerna oleh tubuh.

Capsaicin ini akan memicu naiknya kadar asam lambung dengan cepat. Bahkan capsaicin bisa mengiritasi atau secara langsung menyebabkan inflamasi pada tenggorokan

Coklat

Jika anda rentan dengan refluks asam harus sangat membatasi konsumsi coklat. Coklat mengandung banyak lemak dan kafein. Dua kandungan ini merupakan pemicu asam lambung paling utama.

Keripik Kentang

Makanan tinggi garam tidak hanya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, tetapi juga dapat memicu refluks asam. Camilan asin seperti keripik kentang dan pretzel harus segera anda hindari.

Makanan yang Digoreng

Ternyata makanan yang digoreng adalah salah satu penyebab terbesar pemicu asam lambung.

Menurut University of Pittsburgh Medical Center, orang yang rentan mulas atau refluks asam harus menghindari makanan yang digoreng dan membatasi konsumsi lemak dan minyak mereka tak lebih dari tiga porsi per hari.

Add a Comment