Tips Memasak Lobster Agar Masak Sempurna

PrimaBerita – Dalam memasak lobster ada tips yang perlu anda ketahui dan anda lakukan agar hasil masak sempurna. Lobster sendiri kaya akan nutrisi yang tubuh butuhkan.

Mengutip Very Well Fit, dalam 145 gram lobster terkandung 27,6 gram protein, 1,3 gram lemak (perpaduan lemak jenuh dan tak jenuh), serta 129 kalori. Anda bisa mengolah lobster jadi beragam jenis menu masakan. Agar olahan lobster Anda sempurna.

Berikut Tips Memasak Lobster Agar Masak Sempurna

1. Pilih lobster

Biasanya ada dua pilihan lobster yakni lobster hidup atau lobster dalam kondisi sudah beku. Anda bisa memilih satu dari antara keduanya. Kesegaran lobster hidup memang terjamin. Lobster hidup umumnya akan berwarna biru kehijauan.

Jika Anda membeli yang telah beku, perhatikan kondisi daging. Mengutip laman AWG Private Chefs, hindari lobster yang warna dagingnya sudah berubah. Misalnya, daging yang awalnya putih menjadi kehijauan atau kekuningan.

Hindari pula lobster yang ada label ‘enhanced’ (dengandiperkaya), ‘extra moist’ (ekstra lembap), atau ‘water added’ ( dengan tambahan air). Ini hanya ulah produsen yang menambahkan garam agar lobster jadi lebih berbobot.

2. Thawing

Saat memasak lobster yang telah beku, anda harus mencairkan lobster terlebih dahulu dengan cara thawing. Dari freeezer, lobster sebaiknya anda letakkan pada chiller yang suhunya lebih tinggi selama semalam.

Selain itu, Anda juga bisa mencairkannya dengan cara rendam pada air yangdingin. Jangan menggunakan air panas karena bisa menciptakan lingkungan yang baik bagi bakteri berkembang biak.

3. Rebus

Mengutip dari Great British Chefs, setelah lobster siap, biasanya akan ada proses perebusan. Siapkan air menyesuaikan dengan ukuran lobster dan garam secukupnya. Setelah mendidih, masukkan lobster. Untuk lobster dengan berat 500 gram, rebus selama sekitar 4 menit.

Setelah matang, lobster bisa anda sajikan dengan butter leleh dan sayuran pelengkap seperti wortel rebus juga kentang tumbuk (mashed potato).

4. Bakar atau panggang

Alternatif lain untuk mengolah lobster adalah dengan membakar atau memanggang. Cara ini sering diterapkan untuk bagian ekor yang berdaging tebal.

Proses pemanggangan bisa memakan waktu 8-10 menit. Setelah matang, cangkang lobster akan berubah menjadi kemerahan dan muncul jus (juice) daging di antara cangkang.

Add a Comment