Mudah Dibuat, Roti Diet Cloud Bread Viral di Medsos

PrimaBerita – Media sosial memang tenpat yang paling tepat untuk berbagi, setelah dalgona coffe kemarin yang viral. Kini ada Roti untuk orang yang sedang diet yaitu Cloud Bread.

Cloud Bread atau roti awan saat ini sedang viral di media sosial atau medsos. Cloud bread adalah roti lembut yang dibayangkan seperti awan.

Membuat roti ini cukup mudha, karena hanya membutuhkan tiga bahan saja, anda sudahbisa mendapatkan Roti untuk pelaku dite tersebut.

Mengutip delish, untuk membuatnya Anda hanya membutuhkan putih telur, tepung maizena, dan gula.

Cara membuat Roti Diet Cloud Bread ini pun mudah, Anda hanya perlu memisahkan tiga butir putih telur ke dalam mangkuk. Kemudian kocok sampai kaku seperti meringue.

Ini adalah kunci cloud bread bisa lembut seperti awan. Jika sudah berbusa masukkan 30 gram gula dan 10 gram tepung maizena. Kocok kembali adonan hingga mengental. Letakkan dalam loyang sesuai keinginan kemudian oven sekitar 25 menit.

Tiga bahan adalah bahan standar yang dibutuhkan untuk membuat cloud bread biasa. Namun jika ingin membuat roti dengan aneka warna seperti yang tengah viral, Anda tentu harus menambahkan bahan lain termasuk pewarna makanan, vanila, dan lainnya.

Sejarah cloud bread

Sebenarnya, cloud bread bukan hal yang baru. Mengutip The Kitchn, roti ini sudah tercipta sejak tahun 1970-an.

Roti ini awalnya tercipta untuk para pelaku diet yang ingin makan roti bebas gluten dan diet rendah karbohidrat. Roti ini diperkenalkan ke dunia melalui metode diet Atkins sebagai revolution rolls.

Sebelum dikenal sebagai cloud bread, roti ini dikenal sebagai oopsie bread atau oopsie rolls. Disebut oopsie rolls atau oopsie bread karena roti ini tercipta karena sebuah kesalahan.

Oopsie ini disebut ditemukan oleh Cleochatra, seorang blogger. Saat itu dia melakukan kesalahan ketika membuat resep revolution rolls dari resep diet Atkins. Dalam resep Atkins seharusnya menggunakan cottage cheese, namun dia malah memakai cream cheese.

Mengutip The Great British Chef, roti ini memiliki tekstur yang berbeda dengan roti pada umumnya, melainkan seperti omelet yang sangat halus. Sumber lain mengungkapkan bahwa teksturnya juga lebih menyerupai meringue segar kenyal yang baru keluar dari oven.

Roti ini biasanya disantap sebagai bun atau roti burger dengan berbagai tambahan isian.

 

Add a Comment