Sering Menahan Buang Air Kecil? Ini Bahayanya Untuk Kesehatan

Sering Menahan Buang Air Kecil

PrimaBerita – Sering menahan buang air kecil akan memberi dampak bagi kesehatan tubuh anda. Menahan pipis terkadang bukanlah hal sengaja banyak orang lakukan. Misalnya ketika sedang rapat penting saat bekerjam, menonton film dan lain sebagainya.

Padahal, buang air kecil sebenarnya cara tubuh untuk memberi tahu bahwa tubuh sudah memiliki cukup cairan. Oleh karena itu, terlalu sering menahan pipis sampai berjam-jam, bahkan sudah menjadi kebiasaan, bisa saja tubuh mengalami beberapa masalah kesehatan.

Berikut bahaya kesehatan jika sering menahan buang air kecil terlalu lama

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih (ISK) bisa terjadi karena organ yang termasuk dalam sistem kemih terdapat kotoran, racun, dan limbah. Sehingga memunculkan infeksi. Kalau kamu sering menahan pipis, bakteri-bakteri yang terkandung dalam urine tadi akan menyebabkan infeksi pada bagian kandung kemih.

Gejala yang akan anda alamiĀ  ketika terkena ISK adalah nyeri pada perut bagian bawah, muncul rasa nyeri ketika sedang pipis, volume pipis yang anda keluarkan jadi lebih sedikit, sampai ada darah yang keluar ketika sedang pipis.

Kandung Kemih yang Sensitif

Dengan menahan pipi bisa membuat kandung kemih menjadi lebih sensitif lagi. Ketika sedang menahan pipis, sinyal yang dikirim dari otak akan membuat sensor saraf di kandung kemih menjadi bingung.

Karena sejatinya sensor kandung kemih akan membesar pada saat kebelet pipis, untuk memberi tahu sinyal ke otak jika harus mengeluarkannya namunĀ  otak sendiri akan membantahnya. Oleh karena itu, sensor jadi terlalu aktif dan membuat anda ingin pipis lebih sering.

Batu Ginjal

Batu ginjal bisa terjadi salah satunya karena proses pengendapan urine yang menumpuk dan tidak dapat mencairkan zat-zat seperti kalsium, oxalate, dan asam uric dalam urine. Hal ini dapat terjadi jika anda hanya minum sedikit sehingga tidak perlu buang air kecil.

Jika ukuran batu masih tergolong kecil dan masih bisa melewati saluran kemih, dokter hanya akan menyuruh anda untuk minum air putih sesuai anjuran dokter. Harapannya adalah batu itu bisa keluar bersama dengan urine.

Namun, jika ukuran batu ginjal sudah besar dan bisa menyumbat saluran kemih, anda akan merasa sakit yang luar biasa ketika ingin pipis. Jika sudah sampai tahap ini, operasi pengangkatan batu tersebut harus anda lakukan.

Gagal Ginjal

Karena tidak dibuang dalam waktu yang lama, ginjal akan menampung urine yang di dalamnya terkandung kotoran, limbah, maupun racun.

Kalau sudah kebiasaan, risiko gagal ginjal ini akan meningkat. Gagal ginjal terjadi ketika ginjal sudah tidak bisa menyaring dan membuang kotoran-kotoran dari sisa pencernaan. Proses pencernaan otomatis akan menjadi kacau, karena tidak bisa menyaring kotoran sebagaimana mestinya.

Add a Comment