Lima Cara Meningkatkan Hemoglobin

cara meningkatkan hemoglobin

PrimaBerita – Penting untuk meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) karena hal ini merupakan salah satu kunci dalam menjaga kesehatan. Sementara itu sel darah merah dikatakan sehat apabila mengandung hemoglobin.

Kadar hemoglobin setiap orang juga berbeda bergantung kepada jenis kelamin serta usia seseorang. Lantas saat angka Hb seseorang mulai rendah itu berarti seseorang mengalami anemia. Berikut beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menaikkan kadar hemoglobin.

Maksimalkan Penyerapan Zat Besi

Anda perlu memaksimalkan penyerapan dengan mengonsumsi pangan yang tinggi vitamin C, vitamin A, dan beta karoten. Untuk memperoleh vitamin C anda bisa mengonsumsi jenis buah sitrus dan juga strawberry. Sedangkan untuk memperoleh vitamin A yaitu dari pangan hewani seperti daging dan hati. Anda juga bisa memperoleh beta karoten dari wortel maupun ubi.

Mengatur Konsumsi Pangan Tinggi Kalsium

Kalsium bisa membuat tubuh menjadi sulit untuk menyerap zat besi. Tetapi bukan berarti anda menghentikan konsumsi pangan yang tinggi kandungan kalsium. Hanya saja anda perlu mengatur asupan makanan tinggi zat besi dengan makanan tinggi kalsium agar tidak terlalu berdekatan.

Perhatikan Asupan Folat

Folat merupakan tipe vitamin B yang memainkan peran dalam produksi Hb dan berfungsi dalam memproduksi heme (komponen Hb yang mengangkut oksigen). Pasalnya tanpa folat, sel darah merah tidak akan sempurna. Jadi anda konsumsi kacang tanah, bayam, alpukat, selada, serta daging.

Mengasup Makanan Tinggi Zat Besi

Cara ini bisa anda lakukan untuk meningkatkan hemoglobin atau Hb. Sebab zat besi bekerja untuk mendorong produksi Hb serta membantu pembentukan sel darah merah. Adapun makanan yang tinggi kandungan zat besi meliputi ikan, daging, kacang-kacangan, produk kedelai, brokoli, biji-bijian, maupun buah kering.

Suplemen Zat Besi

Suplemen zat bisa juga bisa anda konsumsi untuk membantu meningkatkan kadar Hb dalam tubuh. Namun jangan sampai berlebihan. Lebih baik anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi suplemen zat besi. Sebab jika terlalu banyak zat besi maka dapat menyebabkan hemokromatosis. Hemokromatosis adalah sebuah penyakit kala kadar zat besi terlalu berlebihan. Akibatnya bisa berbahaya bagi tubuh manusia.

Add a Comment