Harapan Pemimpin Dunia Atas Kemenangan Joe Biden

Harapan Pemimpin Dunia Atas Kemenangan Joe Biden

PrimaBerita – Kemenangan Joe Biden dan Kamala Harris dalam pilpres AS 2020 menjadi perhatian sejumlah pemimpin dunia, termasuk Indonesia. Pasangan Biden dan Haris berhasil mengalahkan pasangan petahana Donald Trump dan Mike Pence.

Joe Biden dan Kamala Harris menjadi presiden dan wakil presiden Amerika Serikat. Hal ini pun menyebabkan sejumlah petinggi negara memberikan ucapan selamat serta tak luput juga menyelipkan harapan atas kemenangan tersebut. Berikut ucapannya.

Presiden RI, Joko Widodo, turut memberikan ucapan selamat atas kemenangan Biden dan Haris dalam pilpres AS tahun ini. Melalui akun resmi twitternya, Jokowi menyematkan harapannya agar dapat bekerjasama dengan Biden guna memperkuat kemitraan strategis antara RI dan AS. Yang meliputi bidang ekonomi, multilateralisme, serta demokrasi demi kepentingan bersama.

  • Inggris

Lewat twitter, sang perdana menteri Inggris, Boris Johnson mengucapkan selamat kepada pasangan Biden dan Harris dan berhadap agar mampu menjalin kerjasama dalam berbagai bidang.

“AS adalah sekutu terpenting kami dan saya berharap dapat bekerjasama secara erat dalam prioritas bersama. Dari perubahan iklim hingga perdagangan dan keamanan,” kata Boris.

  • Irlandia

Michael Martin, perdana menteri Irlandia mengucapkan selamat atas kemenangan pasangan terpilih Joe Biden dan Kamala Harris dalam pemilihan presiden AS 2020.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada presiden terpilih AS yang baru @joebiden,” tulis akun @MichaelMartinTD.

Martin juga melanjutkan kalimatnya dengan berharap agar AS dan Irlandia dapat menjalin kerjasama pada tahun-tahun mendatang.

  • Kanada

Sang perdana menteri Kanada, Justin Trudeau menuturkan akan aliansi erat antara Kanda dan Amerika Serikat. Juga melalui akun twitternya, Trudeau melontarkan ucapan selamatnya kepada pasangan Biden dan Harris.

“Selamat Joe Biden dan Kamala Harris. Saya sangat menantikan untuk bekerjasama dan membangunnya berdua dengan anda,” bunyi cuitannya dalam twitter.

  • Prancis

Presiden negara Prancis Emmanuel Macron juga ikut meramaikan twitter terkait kemenangan pasangan terpilih presiden dan wakil presiden AS.

“Amerika telah memilih presiden mereka. Selamat @JoeBiden dan @KamalaHarris. Banyak yang harus kita lakukan untuk mengatasi tantangan hari ini. Mari bekerja bersama!,” cuit Emmanuel Macron dalam twitternya.

  • Korea Selatan

Sang presiden negeri ginseng juga tak ketinggalan dalam mengungkapkan ucapan selamat. Moon Jae-in berharap agar negara yang ia pimpin dapat bekerjasama dengan AS.

“Aliansi kami kuat dan ikatan antara kedua negara kami sangat kuat,” katanya melalui akun twitter.

Add a Comment