Turnamen Futsal Piala Asia Resmi Ditunda Hingga Tahun Depan

Turnamen Futsal Piala Asia

PrimaBerita – Turnamen futsal dalam Piala Asia Futsal 2020 (AFC Futsal Championship Kuwait 2020) mendapat penangguhan hingga tahun depan oleh AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia). Sebelumnya turnamen ini akan terhelat pada tanggal 2 – 13 desember 2020. Namun mengutip dari laman resmi AFC, keputusan tersebut diambil mengingat angka penyebaran covid-19 di sebagian wilayah Asia masih belum menunjukkan tanda-tanda berhenti.

“AFC telah berdiskusi dengan Asosiasi Sepak Bola Kuwait dan semua pihak terkait. Telah memutuskan untuk menunda lebih lanjut turnamen dan sekarang akan diadakan pada tahun 2021,” bunyi pernyatan AFC.

Melansir dari Antara, adapun penundaan turnamen futsal Piala Asia ini telah menjadi penundaan yang ketiga kalinya. Penundaan yang pertama yakni saat akan berlangsung di Turkmenistan pada 26 februari – 8 maret. Kemudian terundur ke tanggal 6 – 18 agustus lantaran Turkmenistan informasinya mengundurkandiri yang juga telah memaksakan AFC memindahkan ke Kuwait.

Akan tetapi pihak AFC belum bisa memberikan informasi lebih lanjut terkait penyelenggaraan turnamen futsal ini. Sebab melalui pertimbangan, keselamatan semua tim adalah yang paling penting untuk saat ini. Hal ini lantaran kasus covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

“Keputusan itu dkonfirmasi setelah mempertimbangkan keselamatan dan kesejahteraan semua tim yang berpartisipasi. Tanggal baru untuk ajang ini dan hal serta informasi terkait lainnya akan d!informasikan lebih lanjut,” tulis AFC.

Tentu hal ini telah menjadi kabar buruk bagi timnas futsal Indonesia yang baru saja menjalani pemusatan latihan sejak rabu, 15 oktober 2020,di Surabaya. Timnas futsal Indonesia menjalani masa pemusatan latihan sebelum adanya informasi penundaan.

Sebanyak 19 pemain terpanggil untuk mengikuti TC dalam asuhan sang pelatih Kensuke Takahashi. Sementara itu manajer timnas Indonesia,Dimas Bagus Agung Kurniawan menuturkan bahwa Indonesia masuk ke grup C bersama dengan Uzbekistan, China, dan Bahrain. Yang juara dan runner-up grup akan berhak melaju ke perempat final. Sementara itu nantinya yang masuk 5 besar AFC Futsal Championship tahun 2020 berhak ke Piala Dunia Futsal 2021 ke Lithuania.

Add a Comment