Tiga Penyebab Generasi Milenial Sulit Menabung

penyebab sulit menabung

PrimaBerita – Setidaknya ada 3 hal yang menjadi penyebab kebanyakan generasi milenial sulit untuk menabung. Padahal kegiatan menabung sebenarnya dapat menjadi sebuah langkah awal menciptakan kondisi finansial yang aman dan terjamin pada masa yang akan datang.

Financial Consultant, Prita Hapsari menuturkan salah satu alasan mengapa milenial begitu sulit untuk menabung. Yakni karena generasi milenial lebih sering mementingkan kegiatan berbelanja daripada menabung. Apalagi ditambah dengan kehadiran platform belanja online. Sebab nyatanya kini belanja online semakin memudahkan orang-orang untuk berbelanja kapan saja bahkan tak kenal tempat. Alhasil banyak orang yang ketagihan dengan kemudahan yang seperti ini.

Berikut penyebab generasi milenial sulit menabung.

Memiliki Cicilan

Sebagian milenial lebih suka mementingkan barang-barang untuk aktivitas pamer, baik pamer ke sesama temannya maupun pamer dalam media sosial. Barang-barang tersebut bisa berupa smartphone seri keluaran terbaru maupun tas dan baju-baju mahal. Padahal kondisi keuangannya sebenarnya sedang menipis bahkan pemasukan tidak banyak.

Menurut Prita, terkait hal pamer tersebut sebenarnya biaya untuk hidup itu murah hanya saja gaya hidup pamer yang membuat mahal. Inginnya pamer ke sana sini hingga selalu mengikuti tren. Oleh sebab itu akhirnya mereka menjadi memaksakan diri dengan cara mencicil.

Lebih Mementingkan Hangout Hingga Traveling

Kaum milenial memang suka hangout bersama teman-temannya. Bahkan mereka juga suka traveling ke berbagai tempat terlebih tempat itu merupakan tempat baru dan tengah hits. Padahal menabung itu sangat bermanfaat sekali. Prita menyebutkan ada begitu banyak peluang keuntungan yang bisa generasi milenial dapatkan jika berinvestasi sejak dini.

Meski traveling memang bisa memberikan angin segar kepada setiap orang namun yang menjadi problem adalah ketika traveling anda lakukan secara terus menerus tanpa ada pikiran untuk menabung. Jadi cobalah berpikir ulang bila hendak melakukan hangout maupun traveling.

Lebih Suka Berbelanja

Jika ingin menabung maka cobalah kurangi atau bahkan hentikan berbelanja barang yang tidak terlalu penting. Sebab uang yang akan anda gunakan untuk berbelanja bisa anda manfaatkan dalam bentuk investasi atau tabungan. Seseorang hanya perlu menahan selera bila ingin hidup aman dan terkendali. Karena setidaknya kegiatan menabung tentu dapat menolong anda suatu saat jika ada kebutuhan mendesak.

Add a Comment