Menjaga Elastisitas Kulit dengan Makanan Yang Mengandung Kolagen Ini

PrimaBerita – Siapa yang tidak ingin memiliki kulit halus, lembut, kencang, kenyal dan terlihat awet muda? terlebih bagi wanita menjaga elastisitas kulit sangatlah penting. Untuk mendapatkan hal itu, anda hanya perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen.

Makanan yang mengandung Vitamin C, Vitamin A, Antiosianin, protein, zin dan tembaga sangat berpengaruh untuk menjaga elastisitas kulit.

Berikut makanan baik dan sehat yang mengandung Kolagen

Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu jenis antioksidan yang bisa merangsang produksi kolagen dan menangkal efek buruk paparan sinar UV.

Vitamin A bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi tomat, wortel, sayuran berdaun hijau, mangga, produk susu, ikan, udang, hati sapi, minyak hati ikan cod, dan telur.

Baca juga : Migrain Sering Kambuh? Cegah dengan 5 Makanan Sehat Ini

Vitamin C

Sama seperti vitamin A, vitamin C juga mampu merangsang produksi kolagen di dalam tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga bisa mencegah kulit kering, serta membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dan keriput.

Vitamin ini bisa Anda temukan di dalam jeruk, stoberi, pepaya, kelengkeng, brokoli, dan sayuran berdaun hijau.

Antosianin

Selain kedua vitamin di atas, zat antosiain juga diketahui mampu meningkatkan produksi kolagen. Antosianin sendiri adalah pigmen warna yang terdapat di buah dan sayuran.

Makanan yang mengandung antosianin meliputi anggur, delima, buah beri, tomat, dan kacang merah.

Protein

Tubuh mengubah asupan protein yang kita makan menjadi asam amino. Asam amino ini kemudian digunakan untuk membentuk jaringan tubuh dan kolagen.

Protein didapat dengan mengonsumsi makanan laut, daging, susu, keju, yogurt, telur, kacang kedelai, dan ikan.

Alpha hydroxy acids (AHAs)

Alpha-hydroxy acids adalah kelompok asam alami yang ditemukan dalam makanan. AHA dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dengan menghancurkan serat kolagen lama dan membuat yang baru. AHA dapat ditemukan dalam jeruk, apel, anggur, tebu, tomat, dan lemon.

Baca juga : Makanan Untuk Melawan Kanker Getah Bening, Jangan tunggu Parah

Mineral

Zat mineral seperti selenium, zinc, dan tembaga memiliki fungsi penting dalam produksi kolagen. Zat ini juga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit, membantu kulit melawan bakteri, dan menghasilkan kolagen.

Apabila asupan kolagen dari berbagai makanan di atas belum mencukupi kebutuhan kolagen harian, kita dapat mengonsumsi suplemen kolagen. Tentunya dengan meminta saran dari dokter terlebih dahulu.

Tak hanya untuk mencukupi kebutuhan kolagen harian, suplemen tersebut juga diduga dapat memberikan manfaat lain bagi kesehatan tubuh, seperti:

  • Mengurangi peradangan dan nyeri sendi pada penderita gangguan sendi.
  • Menghambat kerusakan dan pengeroposan tulang.
  • Menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Add a Comment