Resep Mie Goreng Hong Kong, Udah Pernah Cobain?

mie goreng hong kong

PrimaBerita – Jika anda bosan dengan hidangan mie yang itu-itu saja, anda bisa mencoba resep mie goreng ala Hong Kong. Adapun yang menjadi ciri dari sajian ini adalah ukuran mienya yang kecil dengan tekstur kenyal dan halus. Namun bila anda tidak menemukan jenis mie seperti itu anda bisa menggantinya dengan jenis mie lain yang mudah anda jangkau. Karena jenis mie apapun cocok untuk ditumis menggunakan resep ala negara Hong Kong.

Resep Mie Goreng Ala Hong Kong

Bahan-bahan umum:

  1. 100 gr – Hong Kong noodle
  2. 50 gr – tauge
  3. 30 gr – jamur shitake
  4. 50 gr – ikan dori
  5. 2 butir – telur
  6. 50 gr – bawang bombay
  7. 30 gr – daun ketumbar
  8. 50 gr – udang
  9. 50 gr – cumi
  10. Masing-masing 30 gr – paprika hijau, merah, dan paprika kuning

Lihat Juga: 7 Jenis Mie yang Paling Populer di Indonesia, Harus Coba

Bumbu-bumbu untuk membuat mie goreng:

  1. 50 gr- kaldu ayam
  2. 20 ml – kecap asin
  3. 30 gr – gula pasir
  4. 30 ml – saus tiram
  5. 20 ml – kecap manis

Cara Membuat Mie Goreng Ala Hong Kong

a. Isilah air secukupnya ke dalam wajan (wok) untuk merebus Hong Kong noodle. Setelah air matang maka rebus mie selama 10 detik. Masukkan rebusan mie tadi dengan api besar dan tiriskan dari minyak jika warnanya sudah berbuah menjadi agak kuning kecokelatan dan beraroma wangi.

b. Rebusan mie tadi rebus kembali ke dalam air yang mendidih selama 1 menit saja supaya mie tidak mudah putus saat anda menumis. Kemudian rebus ikan dori dan udang lalu setelahnya masukkan cumi-cumi. Cukup rebus sekitar 10 detik ke dalam air mendidih karena seafood masih akan ditumis lagi.

c. Lalu panaskan wajan untuk melakukan penumisan bumbu. Tambahkan irisan paprika serta bawang bombay, sesudah itu tambahkan sedikit minyak. Osenglah telur ayam ke dalam wajan.

d. Taburkan jamur ke dalam wajan, mie, dan semua bumbu yang sudah bercampur menjadi satu. Anda bisa mengaduknya menggunakan  sumpi untuk mencegah mie putus.

e. Tambahkan tauge dan lumuri dengan minyak wijen. Tuang pula semua jenis seafood, oseng-oseng sebentar hingga bumbu tercampur rata.

Add a Comment