Kenapa HP Cepat Panas? Ternyata Ini Alasannya

kenapa hp cepat panas

PrimaBerita – Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa baterai HP cepat terasa panas dan boros baterai. Salah satunya yaitu karena daya baterai tidak lagi prima. Selain itu asalan yang paling umum sebenarnya karena pemakaian handphone yang setiap saat. Bahkan menggunakan handphone sambil mengisi daya baterai.

Untuk lebih jelasnya, berikut alasan mengapa HP cepat panas dan boros baterai.

Menggunakan Ponsel Saat Sedang Mengisi Daya

Mungkin anda sering menggunakan ponsel sembari mengisi daya baterai. Namun hal ini tentu bisa menjadi masalah bagi ponsel. Karena HP bisa menjadi lebih cepat panas akibat kinerja baterai yang lebih berat.

Kondisi Baterai Sudah Tidak Lagi Prima

Baterai yang tidak prima bisa menjadi malasah bagi ponsel. Sementara itu terkadang baterai memang sudah memiliki kemampuan yang menurun untuk menerima daya hingga 100%. Maka jika demikian anda perlu mengganti baterai ponsel ke service center resmi. Kendati demikian keadaan ponsel terasa panas biasanya karena tidak dicas dengan baik.

Tethering Hotspot (Penambatan) Selalu Aktif

Tethering hotspot memang sebuah fitur praktis dari smartphone untuk memudahkan penggunanya berbagi jaringan internet ke perangkat lain. Namun jika fitur ini aktif secara terus menerus maka hal ini bisa menjadikan kondisi ponsel cepat panas. Selain itu baterai ponsel juga lebih cepat habis.

Charger yang Bermasalah

Setiap perusahaan smartphone pada umumnya akan menyarankan penggunanya untuk memakai charger resmi bawaan ponsel. Hal ini untuk melindungi baterai agar tidak mudah rusak oleh adaptor, selain daripada menghindari kabel data yang tidak sesuai terhadap handphone. Terkadang bila adaptor dan kabel tidak cocok biasanya akan memberi panas berlebih saat sedang mengisi daya ponsel.

Layar Terlalu Terang

Layar yang terlalu terang biasanya boros baterai. Sementara fitur pengubah tingkat kecerahan otomatis pada layar pun terkadang memakan baterai yang lebih banyak.

Sinyal Tidak Stabil

Sinyal yang tidak stabil juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa baterai HP lebih boros bahkan lebih cepat panas. Ini karena ponsel berupaya keras untuk terus menerus mencari sinyal terbaik. Sehingga terkait hal ini ponsel lebih membutuhkan energi yang tinggi.

Add a Comment