Cara Mengatasi Smartphone yang Basah Karena Kena Hujan

cara mengatasi smartphone basah

PrimaBerita – Ketika hujan sedang turun dan tidak ada tempat perteduhan mungkin salah satu hal yang mesti anda lindungi adalah ponsel, tetapi bagaimana cara mengatasi smartphone jika akhirnya basah kena hujan? Mungkin sebagian orang pernah merasakan hal ini.

Padahal kita tahu bahwa smartphone adalah sebuah perangkat elektronik yang memiliki komponen-komponen sangat sensitif di dalamnya. Terutama ketika kena air. Hal ini bisa memperparah kondisi handphone jika dibiarkan terguyur hujan dengan waktu yang cukup lama pula. Sebab air hujan mengandung garam dan asam.

Baca Juga: Cara Melihat Chat Whatsapp yang Sudah Terhapus

Oleh karena itu jika kondisinya smartphone sudah terpaksa terguyur hujan, perhatikan saja hal-hal di bawah ini. Cara ini cukup untuk membantu anda untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Smartphone Basah

Cara mengatasi smartphone basah adalah sebagai berikut:

Segera Basuh Smartphone

Semakin cepat anda mengelap smartphone dari air maka sedikit pula potensi kerusakannya. Usahakan mencari tempat perteduhan dan mencari kain kering atau tisu saat hujan secara tiba-tiba turun. Keringkan handphone karena komponennya sangat sensitif dengan air.

Lepaskan Case dan Baterai

Hal ini tentu bisa dilakukan oleh para pemilik smartphone yang tidak memiliki sistem baterai tanam. Tetapi jika kebetulan smartphone anda demikian, segeralah lepas case serta baterainya. Setidaknya untuk meminimalisir masuknya air ke komponen lainnya. Namun pastikan juga ketika mencopot, ponsel sudah dalam keadaan tidak hidup.

Matikan Smartphone

Jika ponsel masih dalam keadaan menyala saat terkena air maka segera mungkin matikan saja terlebih dahulu. Hal ini penting untuk menghindari adanya konflik arus listrik terhadap air yang bisa merusak ponsel.

Segera Cabut SIM Card

SIM card merupakan bagian berharga karena menyimpan kontak. Nah ketika smartphone tergenang air, cabut juga SIM cardnya lalu keringkan semuanya.
Goyang-goyang Smartphone
Cobalah untuk menggoyang-goyangkan smartphone untuk mengurangi kelembabannya.

Diamkan

Sebelum anda mulai menggunakannya lagi, anda bisa mendiamkan smartphone yang sempat tergenang air selama 1 hingga 2 hari di tempat yang kering.
Itulah beberapa tips atau cara mengatasi smartphone yang terkena hujan. Semoga bermanfaat.

Sumber artikel : PrimaDaily.com

Add a Comment