Jenis-Jenis Pipa HDPE dan Kegunaannya, DENYA Indonesia

Jenis-Jenis Pipa HDPE

PrimaBerita – Jenis-jenis pipa HDPE dam kegunaannya penting untuk anda ketahui, agar nantinya anda tidak salah pilih pipa. HDPE sendiri merupakan singkatan dari High Density Polyethylene.

Hingga kini, pipa HDPE menawarkan banyak sekali keunggulan yang bisa anda dapatkan, mulai dari bobotnya yang ringan, memenuhi standar food grade dan ramah lingkungan, sampai dengan penggunaanya yang begitu awet mencapai 50 tahun.

Berikut Jenis-Jenis Pipa HDPE dan Kegunaannya

Ada empat jenis pipa HDPE jika berdasarkan bentuknya, yakni batang, corrugated, spiral dan roll. Tentu saja, bentuk yang berbeda akan memudahkan dalam proses pemasangan atau juga pengangkutan yang anda sesuaikan dengan kebutuhan dan pastinya harga pipa HDPE akan berbeda mengikuti bentuk dan kegunaannya.

• Pipa HDPE Batang

Bentuk yang paling umum dan familiar adalah batang dan memiliki banyak kegunaan. Panjang pipa ini mencapai 6 meter setiap batangnya. Namun ada juga yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan, panjangnya bisa mencapai 12 meter. Untuk proses penyambungannya menggunakan welding machine, menerapkan metode butt fusion. Paling banyak menggunakan untuk pipa air dan gas.

• Pipa HDPE Corrugated

Selanjutnya ada pipa HDPE corrugated yang memiliki bentuk bergelang-gelang. Bukan tanpa alasan, desain tersebut untuk membuat pipa lebih kuat dalam menahan pergeseran atau getaran tanah. Pipa jenis yang satu ini banyak yang menggunakan untuk keperluan bawah tanah seperti halnya kabel optik, pelindung listrik kabel, drainase, sehingga memerlukan bahan yang ringan, kuat, dan tahan kerusakan.

Baca juga : Macam-Macam Pipa Paralon Denya dan Cara Memasangnya

• Pipa HDPE Spiral

Bentuk pipa spiral ini akan menyerupai corrugated jika anda melihatnya sekilas, namun cukup berbeda. Dinding luarnya berbentuk spiral dengan bahan polypropylene yang membuat ketahanannya sangat kuat. Ukurannya tersedia dalam bentuk 300-400 mm. Banyak menggunakan pipa jenis ini untuk pembuangan, pipa area rawan gempa, dan lain-lain.

• Pipa HDPE Roll

Pipa HDPE Roll atau banyak menyebutnya pipa coil, jenis ini sangat mudah dalam hal instalasi atau pemasangan. Tidak hanya itu saja, bentuknya yang roll juga memudahkan dalam proses pengakutan, jadi meski dengan kendaraan kecil saja sudah bisa. Diameternya tersedia 1.2 inch sampai 4 inch. Panjangnya 50 meter-100 meter. Salah satu fungsinya untuk menyalurkan air bersih ke rumah-rumah.
Jenis Pipa HDPE Berdasarkan Kebutuhan Tekanan

Selain berdasarkan bentuknya, pipa HDPE juga terbagi ke dalam beberapa jenis jikaberdasarkan pada kebutuhan tekanan atau pressure nominal (PN). Beda tekanan, berbeda pula fungsinya. Berikut ini rinciannya;

 Pipa HDPE PN-6,3

Mulai dari tekanan yang terendah ada pipa HDPE PN-6,3, ukurannya tersedia 3-24 inch. Bentuknya tipis, karena itulah tidak tersedia dalam bentuk roll. Banyak menggunakan pipa ini untuk saluran air bersih pada rumah tangga, pertambangan serta kebutuhan perkebunan. Tidak cocok untuk keperluan yang besar.

 Pipa PE-100 PN-8

Jika membutuhkan pipa HDPE dengan tekanan yang agak besar, jenis ini bisa anda pilih. Ini merupakan pipa tertipis kedua setelah PN 6,3. Ukurannya dalam ukuran 2,5-24 inch. Cocok sebagai saluran air bertekanan rendah, hanya 8kg/cm2 atau 8 bar.

Pipa HDPE PN-10

Pipa HDPE ini paling banyak yang menggunakannya karena bisa menampung tekanan sekitar 10kg/cm2. Diameternya 1.5-24 inch. Jenis ini paling banyak di pasaran, karena hal itu stoknya pun melimpah. Cocok untuk semua jenis instalasi air serta penyambungan dengan pipa lainnya.

Pipa PE-100 PN-12,5

Bisa menampung tekanan lebih dari 10kg/cm2, pipa jenis ini biasanya dimanfaatkan untuk saluran air yang berada di perkotaan dan daerah yang memiliki kontur tanah sulit. Bisa juga untuk saluran air di pertambangan. Tingkat kekuatannya adalah 12,5kg/cm2 atau 12 bar. Sementara untuk bentuknya, tersedia batang atau roll dengan ukuran tertentu.

Pipa HDPE PN-16

Pipa HDPE dengan tekanan yang paling besar mencapai 16kg/cm2 atau 16 bar. Diameter yang ditawarkan 0,2-24 inch. Tersedia dalam bentuk roll dan juga batang. Jenis pipa ini banyak dimanfaatkan untuk saluran air dingin atau panas bertekanan tinggi.

Selain memiliki banyak keunggulan, pipa HDPE juga menawarkan berbagai jenisnya yang sesuai dengan fungsi masing-masing. Jadi jika berniat untuk membeli pipa, ada baiknya untuk memahaminya terlebih dahulu supaya tidak salah.

Jika anda membutuhkan pipa HDPE saat ini, anda dapat menghubungi PT Sinar Utama Nusantara dengan merk dagang DENYA, pilihan yang tepat untuk masalah perpipaan anda.

Tidak hanya itu, berbagai macam pipa dan aksesorisnya yang anda butuhkan turut serta melengkapi kebutuhan hunian anda.

Hubungi sekarang !

Telepon : 061 – 7941255

Email    : sales@denya.co.id

Kantor PT SINAR UTAMA NUSANTARA

Jl. Batang Kuis Km. 3.8 No. 168, Telaga Sari, Tj. Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 23657

 

Add a Comment