Ini 7 Cara Untuk Menghindari Suhu HP Jadi Panas

PrimaBerita – Jika anda bermain ponsel atau HP terlalu lama hp anda akan menjadi panas. Untuk itu anda perlu melakukan beberapa cara menghindari suhu hp jadi panas.

Smartphone rentan mengalami overheat ketika anda pakai secara terus-menerus atau terpapar panas dari matahari. Apabila anda biarkan, kondisi ini bisa merusak hp kesayangan anda.

Berikut 7 Cara Untuk Menghindari Suhu HP Jadi Panas

1. Tutup aplikasi yang tidak anda gunakan

Kadang, anda lupa menutup aplikasi sehingga aplikasi itu tetap berjalan pada latar belakang. Aplikasi yang anda biarkan akan menghabiskan banyak daya. Akibatnya, baterai akan terkuras dan menyebabkan overheat.

Cara sederhana untuk menghindari overheat adalah dengan menutup aplikasi yang tidak anda gunakan.

2. Turn off hp ketika sudah panas

Ketika hp anda sudah panas sebaiknya langsung memamtikannya. Cukup tekan tombol turn off dan biarkan device mendingin dengan sendirinya. Agar lebih cepat, buka casing supaya suhu bisa turun.

Selain itu, suhu smartphone bisa meningkat apabila anda letakkan pada tempat yang sempit atau memiliki sirkulasi udara yang buruk, misalnya pada kantong celana jeans yang ketat atau tidak sengaja tertindih bantal.

3. Jangan meninggalkan hp di mobil

Selain rentan untuk d!curi, meninggalkan gadget pada mobil berisiko terpapar panas matahari. Sinar matahari yang masuk melalui jendela akan membuat suhu panas terperangkap dalam mobil.

Bagian dalam mobil yang tertutup akan menjadi sangat panas karena tidak ada sirkulasi udara, ungkap laman Tata CLiQ. Dashboard adalah bagian yang paling panas, jangan letakkan smartphone anda dalam mobil.

4. Redupkan brightness layar

Salah satu pemicu overheat adalah level brightness yang anda setel maksimal. Layar yang diatur terlalu terang akan mengonsumsi baterai lebih banyak. Pada saat yang bersamaan, konsumsi daya berlebih akan membuat hp bekerja lebih keras.

5. Jangan mengisi daya di bawah sinar matahari

Pada beberapa tempat, seperti kafe atau resto menyediakan stopkontak untuk mengisi daya pada gadget kita. Namun, perhatikan lokasinya baik-baik.

Mengisi daya akan membuat device menjadi panas. Akan semakin panas jika sinar matahari terkena hp secara langsung. Suhu akan meningkat dengan cepat dan menyebabkan kerusakan pada bagian dalam smartphone.

6. Bisa didinginkan dengan kipas angin

Kalau hp sudah terlanjur panas, apa yang harus kita lakukan? Pertama, anda bisa mematikan device terlebih dahulu. Lalu, lepas casing bagian belakang agar suhu panas lepas ke udara.

Setelahnya, anda bisa mendinginkannya dengan menaruhnya di depan kipas angin. Namun, jangan coba-coba untuk meletakkannya di dalam kulkas atau bahkan freezer, ya! Perubahan suhu yang ekstrem akan membuat gadget jadi rusak, ucap laman Asurion

7. Jangan menelepon terlalu lama

Pernahkah anda menelepon hingga berjam-jam dan membuat telinga panas? Terlalu lama menelepon bisa membuat suhu device meningkat. Selain itu, menelepon dengan video call juga bisa menyebabkan peningkatan suhu smartphone.

Pastikan agar anda tidak terlalu lama menelepon agar tidak terjadi overheat. Anda juga bisa menjeda waktu telepon apabila suhu hp sudah terlalu panas dan tidak aman lagi untuk digunakan. Selain itu, pemakaian kamera juga bisa memicu perubahan suhu.

 

Add a Comment