Hati-hati! MacOs Diserang Virus Shlayer

PrimaBerita – MacOs secara umum menjadi software yang cukup aman bagi penggunanya. Namun ternyata bukan berarti penggunanya terbebas dari dari serangan Malware. Berdasarkan laporan Kaspersky, masih ada pelaku kejahatan siber yang mencoba peruntungannya untuk mendapat profit dari pengguna macOS melalui serangan virus Shlayer, keluarga malware Trojan.

Serangan Shlayer

Penyebaran Shlayer di antara semua serangan pada perangkat macOS yang menggunakan produk Kaspersky pada periode Januari hingga November 2019 sudah berjumlah hampir sepertiga (29,28%), dengan hampir semua ancaman macOS 10 besar di antaranya adalah adware yang dipasang oleh Shlayer: AdWare.OSX.Bnodlero, AdWare. OSX.Geonei, AdWare.OSX.Pirrit dan AdWare.OSX.Cimpli.

Baca juga: Ini Dampak Buruk Kebanyakan Minum Kopi Bagi Kesehatan

Terlebih lagi, sejak Shlayer pertama kali terdeteksi, algoritme infeksinya hampir tidak berubah, meskipun aktivitasnya hampir tidak berkurang. Ini menjadikannya ancaman yang sangat relevan dan perlu dilindungi oleh pengguna.

Proses infeksi sering terdiri dari dua fase – pertama pengguna menginstal Shlayer, kemudian malware menginstal jenis adware yang dipilih.

Baca juga:

Cara Merawat Tanaman Bunga Mawar dengan Benar

Ketidaktahuan

Namun infeksi perangkat, dimulai dengan pengguna yang tanpa sadar mengunduh program berbahaya. Untuk mencapai instalasi, aktor ancaman di belakang Shlayer membuat sistem distribusi malware dengan sejumlah saluran yang mengarahkan pengguna untuk mengunduh malware.

Shlayer ditawarkan sebagai cara untuk memonetisasi situs web di sejumlah file program mitra, dengan pembayaran relatif tinggi untuk setiap instalasi malware yang dilakukan oleh pengguna Amerika, mendorong lebih dari 1.000 ‘situs mitra’ untuk mendistribusikan Virus Sh layer.

Baca jug:

Sempat Kritis, Pria Ini jadi Pasien Pertama yang Sembuh dari Virus Corona

Misi Rahasia Ole Gunnar Solskjaer, Comeback Manchester United

Add a Comment