Cara Mudah Menghilangkan Karat Sepeda, Coba Sekarang

Cara Mudah Menghilangkan Karat Sepeda

PrimaBerita – Masa pandemi menjadikan banyak orang berbondong-bondong untuk bersepeda. Mungkin saat anda menggunakannya terkena air sehingga berkarat. Anda dapat melakukan beberapa cara mudah untuk menghilangkan karat sepeda tersebut.

Berikut cara mudah menghilangkan karat sepeda :

Cuka

Cuka merupakan bahan yang cukup efektif untuk menghilangkan karat dari benda berbahan logam.  Bisa pula menghilangkan karat secara permanen.

Caranya, rendam bagian sepeda yang berkarat dalam wadah cuka. Lepas dulu bagian sepeda dan biarkan semalaman. Setelahitu, angkat dari rendaman cuka dan gosok karat dengan sikat. Pastikan menggunakan sikat baja atau sikat kawat.

Jika merasa masih ada beberapa titik karat yang tersisa, bisa ulangi prosesnya. Lakukan perendaman ulang dengan waktu yang lebih lama. Jika karat sudah hilang dan sangat berkurang, bersihkan dengan sabun dan air. Setelah itu keringkan sampai bersih sampai tak tersisa cukanya.

Baking Soda

Baking soda ini cocok pada bagian sepeda yang berbahan logam tipis. Caranya campurkan air dan baking soda. Aduk keduanya hingga membentuk pasta kental. Lalu oleskan pada bagian sepeda yang masih berkarat. Pastikan bahwa bintik-bintik berkarat tertutup dengan baik.

Biarkan pasta menempel pada objek selama satu jam atau lebih. Gunakan sikat kawat untuk menggosok bagian sepeda yang berkarat. Gosok hingga bagian sepeda yang berkarat hilang. Jika sudah, bilas pasta dengan air dan keringkan sampai bersih.

Lemon

Zat asam ada pada lemon juga ampuh hanya saja agar lebih maksimal bekerja, lemon harus anda campur dengan garam.

Teknik ini menggabungkan keasaman lemon dengan abrasivitas garam. Kedua bahan ini efektif untuk mengatasi bintik-bintik karat kecil pada sepeda. Praktikkan dengan menutupi bagian yang berkarat dengan garam. Jika sudah, peras jus lemon di atas lapisan garam.

Biarkan campuran garam dan lemon pada bagian yang berkarat selama sekitar dua jam. Gosok bagian sepeda berkarat dengan kulit lemon. Sementara jika bintik-bintiknya membandel, gunakan sikat kawat. Lalu bilas sisa lemon, garam, dan karat dengan air bersih. Jika sudah keringkan sampai bersih.

Minuman bersoda

Tuangkan minuman soda pada sebuah wadah. Lalu rendam bagian sepeda yang berkarat ke dalam wadah. Biarkan hingga karat pada sepeda memudar. Tunggu dengan sabar sampai benar-benar hilang dan bersih.

Jika sudah, bersihkan bagian sepeda. Pastikan sebelum membersihkan, karatnya sudah bersih dan hilang. Bersihkan dengan kain lap basah agar tidak lengket karena soda. Lalu keringkan dengan kain yang lainnya.

Asam Sitrat

Selain lemon, larutan asam sitrat cocok dipakai sebagai cara menghilangkan karat sepeda. Larutan ini juga mudah sekali ditemukan di toko-toko biasa. misalnya saja seperti toko makanan, kesehatan, dan di supermarket. Asam sitrat bekerja ajaib ketika menghilangkan karat.

Campurkan air hangat dengan asam sitrat, rendam bagian sepeda berkarat selama 30 menit sampai 1 jam. Setelah terendam, karat akan mulai melunak, gosok permukaan benda berkarat dengan sikat atau sabut untuk menghilangkan residu karat. Lakukan berulang jika karat membandel.

Solar

Solar memang bahan bakar yang baunya lebih menyengat dari bensin. Meski begitu, solar ini cocok digunakan sebagai cara menghilangkan karat sepeda. Tak hanya sepeda, tetapi juga benda lain yang terbuat dari besi dan logam.

Hanya perlu menyiapkan solar secukupnya. Kemudian cari bagian sepeda yang sudah berkarat dan perlu dibersihkan. Lalu lepas bagian sepeda tersebut dan rendam menggunakan solar.

Pastikan untuk lebih lama merendamnya. Jika bisa, diamkan semalaman agar terjadi reaksi lebih maksimal. Jika dirasa sudah cukup, angkat bagian sepeda berkarat. Lalu usap menggunakan sikat besi dan bersihkan.

Add a Comment