Atasi Kejenuhan Di Tempat Kerja Dengan 5 Cara Ampuh Ini

priamberita-kejenuhan-di-tempat-kerja

Primaberita – Keseharian yang monoton wajar dapat membuat Anda cepat bosan dan jenuh pada pekerjaan. Kejenuhan di tempat kerja dapat disebabkan oleh banyak faktor. Contohnya waktu kosong yang terlalu banyak karena telah menyelesaikan satu proyek besar, alokasi waktu yang salah, tanggung jawab dan tugas yang tidak berubah. Hingga pekerjaan yang terlalu banyak yang membuat sulit fokus.

Untuk itu jangan sampai anda merasakan kejenuhan di tempat kerja dalam waktu yang lama

Berikut 5 cara ampuh mengatasi kejenuhan di tempat kerja :

1. Ketahui Penyebab Kebosanan

Munculnya kejenuhan saat bekerja tentunya ada sebabnya. Nah, Anda coba identifikasi penyebab dari rasa jenuh tersebut secara spesifik.

Identifikasi apa penyebab kejenuhan dan carilah solusi atas hal tersebut. Jika bosan karena tanggung jawab yang terlalu banyak, Anda pun dapat berkonsultasi kepada manajer. Bicara dan ceritakan masalah Anda dengan kolega atau atasan. Dengan ini, Anda akan lebih cepat menemukan solusi dan dengan mudah terhindar dari kejenuhan yang terus menerus.

2. Berpikir Positif dan Bersyukur

Janganlah menganggap jenuh sebagai masalah tetaplah be positif. Jenuh merupakan hal yang wajar yang akan dialami oleh semua orang khususnya pegawai yang terus bekerja. Berpikirlah positif dan ubahlah kejenuhan menjadi sesuatu yang bermakna.

Bersyukur bahwa banyak orang di luar sana yang mendambakan posisi Anda. Dengan bersyukur, Anda akan lebih menghargai waktu kerja dan menemukan semangat untuk kembali berusaha.

Baca juga : Hentikan 5 Kebiasaan Sepele Ini! Bisa Mengakibatkan Kemandulan

3. Lakukan aktivitas yang menyenangkan

Cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja selanjutnya yakni dengan mencoba melakukan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya saja, Anda bisa bekerja sambil mendengarkan musik atau sambil ngemil.

Jika pekerjaan Anda cukup santai, Anda bisa menyelingi dengan main game atau nonton film. Namun, bila aktivitas tersebut menganggu kosentrasi Anda, maka jangan dilakukan. Intinya, buatlah diri Anda senyaman mungkin.

4. Ajak Teman Kerja untuk Curhat

Rasa tidak nyaman di tempat kerja bisa saja muncul karena kondisi hubungan keluarga yang sedang tidak harmonis. Apapun yang membuat Anda menjadi bosan dan jenuh tersebut cari teman untuk bertukar pikiran.

Jika ada reka kerja yang Anda percaya dan nyaman dengannya, mintalah untuk mendengar keluh kesah yang sedang Anda rasakan saat sedang makan siang atau ada waktu luang di tempat kerja cobalah bercerita. Dengan bercerita kepada orang lain, keluh kesah yang ada di dalam hati pun bisa terlampiaskan dan membuat sedikit lebih lega.

5. Jangan Dijadikan Beban, Nikmatilah

Jika Anda menjalani pekerjaan hanya karena kewajiban tanpa didasari keikhlasan di hati, maka efeknya Anda jadi merasa berat melakukan pekerjaan tersebut.

Terkait : Tidak Suka Dengan Hari Senin? Ini Cara Gampang Atasi

Seolah-olah pekerjaan itu adalah beban yang harus Anda tanggung. Tentunya perasaan tersebut enggak baik.

Jika Anda menganggap pekerjaan sebagai beban, bisa-bisa Anda mudah mengalami kejenuhan dan stres. Sebaliknya, bila Anda menjalani pekerjaan dengan santai maka rasa penat juga bisa diminimalisasi.

Add a Comment